Kompas.com - 30/04/2020, 12:30 WIB
Ilustrasi WFH. fully.comIlustrasi WFH.

KOMPAS.com - Demi memutus mata rantai penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit Covid-19, banyak orang yang kini harus menghabiskan sepenuh waktu di rumah. Baik untuk bekerja, belajar, bahkan berbelanja.

Di minggu-minggu awal masa karantina, beraktivitas penuh di rumah masih terasa menyenangkan. Namun, setelah lebih dari satu bulan lamanya, ancaman "cabin fever" pun muncul.

Dosen Program Studi Manajemen Agribisnis Sekolah Vokasi (SV) IPB University Wien Kuntari menjelaskan, cabin fever adalah perasaan sedih yang muncul akibat terlalu lama "terisolasi" dan merasa terputus dari “dunia luar”.

"Gejala cabin fever tidak hanya sekadar merasa bosan saja, tetapi jauh lebih serius dari itu," papar Wien dalam laman resmi IPB, Jumat (30/4/2020).

Baca juga: Beasiswa S2 Manajemen PPM Jakarta, dari Biaya Kuliah hingga Uang Saku

Beberapa gejala umum cabin fever antara lain pola tidur tidak teratur, kegelisahan, sulit berkonsentrasi, turunnya motivasi untuk bekerja, mudah tersinggung, sulit bangun dari tidur, lemah lesu, tidak sabar, merasa sedih bahkan depresi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tanpa penanganan yang tepat, lanjutnya, gejala cabin fever akan sulit dikontrol.

Wien menyarankan, masyarakat harus lebih waspada dengan potensi cabin fever, mengingat masa pembatasan sosial masih harus dilakukan sampai waktu yang belum ditentukan.

Untuk itu, Wien memberikan sejumlah tips agar cabin fever tak sampai membahayakan kesehatan mental.

1. Olahraga ringan

Olahraga ringan, menurut Wien, adalah salah satu cara paling ampuh dalam mencegah cabin fever.

Baca juga: Waktu dan Jenis Olahraga Terbaik saat Puasa ala Pakar Unpad

“Jalani gaya hidup sehat, istirahat yang teratur, cuci tangan dan tetaplah aktif walau di dalam rumah. Tidak heran, berolahraga memang bisa membantu tubuh melepas hormon endorfin yang bisa meningkatkan suasana hati," imbuhnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X