Perkuat Kompetensi Guru, Eduversal Gelar Webinar Mengajar Daring di Hari Pendidikan

Kompas.com - 02/05/2020, 16:02 WIB
Webinar bertema Membuat Video Pembelajaran Interaktif Menggunakan EdPuzzle yang digelar Eduversal dan Sekolah Pribadi Bilingual Depok dengan menghadirkan Maman Firmansyah sebagai pembicara (2/5/2020). DOK. EDUVERSALWebinar bertema Membuat Video Pembelajaran Interaktif Menggunakan EdPuzzle yang digelar Eduversal dan Sekolah Pribadi Bilingual Depok dengan menghadirkan Maman Firmansyah sebagai pembicara (2/5/2020).

KOMPAS.com - Dalam semangat Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas 2020, guru terus didorong terus menjadi "manusia pembelajar" untuk tiada henti dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalitas.

Terkait hal itu, beberapa lembaga atau institusi pendidikan menggelar berbagai kegiatan secara daring untuk penguatan kualitas guru di Hardiknas 2020 (2/5/2020).

Salah satunya, webinar bertema "Membuat Video Pembelajaran Interaktif Menggunakan EdPuzzle" yang digelar Eduversal dan Sekolah Pribadi Bilingual Depok dengan menghadirkan Maman Firmansyah sebagai pembicara.

Acara yang diikuti lebih dari 350 guru dari berbagai daerah ini bertujuan memberikan alternatif metode pengajaran online kepada guru agar proses belajar daring di tengah wabah Covid-19 tetap menyenangkan dan membuat siswa antusias.

Alternatif pembelajaran

Maman Firmansyah, guru bidang studi Matematika di Sekolah Pribadi Bilingual Depok menyampaikan EdPuzzle dapat menjadi alternatif pembelajaran selain platform yang selama ini sering digunakan seperti Zoom atau Google Classroom.

Menurutnya, pembelajaran berbasis video memiliki kelebihan dibandingkan conference langsung.

Baca juga: Merayakan Hardiknas di Tengah Pandemi, Langkah Para Guru Demi Secercah Ilmu..

Materi pembelajaran yang diberikan lewat video memberikan kesempatan bagi setiap siswa untuk mempelajari materi tersebut sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

" Siswa dengan kemampuan belajar yang lambat akan memiliki kesempatan menonton video berkali-kali sampai ia paham, tanpa merasa malu untuk bertanya jika ia tidak paham," jelas Maman.

Selain itu, Maman menyampaikan, kelebihan platform EdPuzzle ini dapat diintegrasikan dengan beragam platform edukatif lain seperti Google Classroom dan Youtube

Ragam fitur menarik

Lebih jauh Maman menerangkan EdPuzzle dilengkapi dengan ragam fitur yang membantu tugas guru mengajar menjadi lebih optimal dan efsien.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X