Hardiknas 2020, Chelsea Islan Lakukan Ini demi Siswa Indonesia Timur

Kompas.com - 02/05/2020, 11:54 WIB
Chelsea Islan saat mendampingi belajar siswa Indonesia Timur. DOK.Taman Bacaan PelangiChelsea Islan saat mendampingi belajar siswa Indonesia Timur.
|

KOMPAS.com - Sampai saat ini, wabah virus corona atau Covid-19 penyebarannya masih tinggi di Indonesia. Selain berdampak pada kesehatan, tetapi juga di bidang pendidikan.

Hal ini bisa dilihat dengan metode pembelajaran tak lagi dilakukan di sekolah, namun kini beralih ke pembelajaran jarak jauh atau daring (online).

Jutaan siswa di Indonesia tidak lagi bisa belajar dengan baik karena seluruh sekolah tutup atau tidak lagi menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2020, Chelsea Islan bersama Taman Bacaan Pelangi menggalang dana untuk membantu ribuan anak-anak di Indonesia Timur agar tetap bisa belajar di tengah wabah Covid-19.

Baca juga: Pidato Lengkap Hardiknas 2020 Mendikbud Nadiem Makarim

Penggalangan dana ini tentu untuk membantu siswa yang berada di Indonesia Timur karena tidak terjangkau jaringan internet.

35,2 persen penduduk tanpa internet

Menurut data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), total pengguna internet tahun 2018 adalah sebesar 171,17 juta pengguna.

Data dari Badan Pusat Statistik, jumlah penduduk Indonesia pada 2018 mencapai 264,16 juta. Artinya, pengguna internet mencapai 64,8 persen dari jumlah total penduduk Indonesia.

Dari 64,8 persen ini, pengguna internet paling banyak adalah di Pulau Jawa (55%). Selebihnya adalah di Sumatera (21%), Sulawesi (10%), Maluku (10%), Papua (10%), Kalimantan (9%), Bali (5%) dan Nusa Tenggara (5%).

Jadi, dari data itu terlihat jelas bahwa masih ada 35,2 persen dari penduduk Indonesia yang belum menggunakan internet, yaitu sebanyak 92,98 juta orang.

Daerah-daerah di Indonesia Timur pun masih banyak yang tidak terjangkau akses internet, dari data di atas hanya tertinggi 10 persen di Papua, Maluku, dan Sulawesi, sementara di Nusa Tenggara hanya 5 persen dari jumlah penduduk yang memiliki akses internet.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X