Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Farmasi UGM Uji Kualitas APD, Ditemukan 3 Area Berlubang

Kompas.com - 09/05/2020, 11:35 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan layanan pengujian kualitas alat pelindung diri (APD).

Adapun APD itu seperti masker, face shield, pakaian, dan goggle. Program ini dalam upaya pencegahan dan penanganan virus corona atau Covid-19.

Tak hanya itu saja, program layanan ini juga bentuk sinergi dengan ruang lingkup Gugus Tugas Covid-19 DIY di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Ini di bawah koordinasi Kabid Pengawasan Ketenagakerjaan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja Disnakertrans DIY, dimana Fakultas Farmasi UGM terlibat di bidang tersebut.

Baca juga: Akademisi UGM: Ini Bentuk Perilaku Baru Karena Wabah Corona

Program layanan pengujian kualitas alat pelindung diri ini dikoordinasi secara teknis oleh Laboratorium Advanced Pharmaceutical Sciences (APS).

Untuk pengujian APD itu menggunakan protokol pengujian/pemeriksaan daya tembus cairan yang diadaptasi dari American Association of Textile Chemists and Colorists (AATCC) 42 Water Resistance.

Tentu, protokol ini didasarkan pada cara penularan virus corona seperti melalui droplet-droplet kecil yang dikeluarkan pasien ketika bersin atau batuk.

3 area berlubang

Dari pengujian itu ditemukan bahwa pada bagian tertentu terdapat lubang atau pori yang menyebabkan cairan masuk, seperti:

  • jahitan
  • area leher
  • bagian kancing APD

Hal ini bisa membahayakan bagi tenaga medis yang menggunakan karena ada potensi tertular. Nantinya, hasil dari pengujian bakal disajikan dalam bentuk prosentase daya tembus cairan, permasalahan lain terkait APD, serta rekomendasi.

Melansir laman Fakultas Farmasi UGM, Sabtu (9/5/2020), Arif Nur Ikhsan, relawan dari mahasiswa S2 Ilmu Farmasi mengatakan bahwa pihaknya bersama-sama dengan sivitas akademika membantu melakukan pemeriksaan kualitas APD.

Semua demi menjamin keamanan ketika digunakan oleh para tenaga medik dan tenaga kesehatan dalam penanggulangan virus corona.

Sementara Wakil Dekan Fakultas Farmasi UGM Dr rer nat Endang Lukitaningsih, M.Si., Apt menambahkan, bahwa pihaknya juga bekerjasama dengan stakeholders.

Baca juga: Akademisi UGM: Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Konsumsi Prebiotik

"Kami bekerjasama dengan beberapa stakeholders untuk memeriksa sampel APD yang akan digunakan oleh tenaga medis dan tenaga kesehatan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com