Kompas.com - 11/05/2020, 22:06 WIB

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan Sahabat Pelangi: Karung Terdampar untuk Kelas 1-3 SD pada Senin, 11 Mei 2020.

Belajar dari Rumah adalah Program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Dalam tayangan yang di siarkan TVRI tersebut terdapat program Sahabat Pelangi "karung terdampar" yang memiliki pesan baik yang dapat kita pelajari yaitu mengalah, bertanggung Jawab dan bekerja sama.

Baca juga: Rangkuman Soal dan Jawaban Sahabat Pelangi 11 Mei TVRI

1. Mengalah

Wayan dan Chandra tidak mau mengalah, akibatnya adalah mereka tidak bisa lagi bermain bola. Karena tidak ada yang mau mengalah untuk mengambil bola yang terlempar ke semak-semak.

Sikap mengalah adalah sikap yang baik. mengalah artinya tidak mau mempertahankan (haknya, pendiriannya) sendiri sehingga ketika Wayan dan Chandra memiliki sikap mengalah maka mereka dapat melanjutkan bermain bola.

2. Bertanggung jawab

Wayan yang harus belajar bertanggung jawab karena Wayan yang menendang bola hingga ke luar lapangan dan masuk ke dalam semak-semak liar.

Sikap bertanggung jawab artinya menanggung akibat dari apa yang telah di lakukan, ketika Wayan yang menendang bola tersebut bentuk sikap tanggung jawab yaitu Wayan yang harus mengambil bola yang ke luar dari lapangan.

3. Bekerja sama

Manfaat bekerja sama yang dilakukan Wayan dan teman-temannya adalah pekerjaan yang mereka lakukan lebih cepat selesai dan juga lebih mudah.

Bekerja sama adalah (melakukan) suatu kegiatan atau usaha yang ditangani dua orang atau lebih, dengan melakukan kerja sama artinya memperingan pekerjaan dan dapat menyelesaikan segala sesuatu lebih mudah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.