APD Buatan Dosen ITB Bisa Dipakai Berulang Kali, Seperti Ini Bentuknya

Kompas.com - 15/05/2020, 16:37 WIB
APD rancangan Dosen ITB ini bisa dipakai berulang kali. DOK.Laman ITBAPD rancangan Dosen ITB ini bisa dipakai berulang kali.
|

KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung ( ITB) kembali mengenalkan produk alat pelindung diri ( APD). Ini sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

APD yang diberi nama "Water Repellant Reusable Hazmat" itu dirancang tidak sekali pakai. Namun bisa dipakai berulang kali oleh para tenaga medis saat bertugas.

Adapun produk tersebut dikembangkan oleh Dosen Program Studi Kriya, Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB bernama Tyar Ratuannisa, S.Ds., M.Ds.

Baca juga: Farmasi UGM Uji Kualitas APD, Ditemukan 3 Area Berlubang

Bahan kain berkualitas

Dia berhasil merancang APD inovatif tersebut dengan menggunakan bahan dasar kain berkualitas dari taslan rinjani. Ternyata, Tyar membuat APD itu karena dia bergabung dengan salah satu komunitas di luar kampus.

Selain itu, kondisi sekarang yang sedang dilanda wabah Covid-19 di Indonesia memunculkan suatu permasalahan yang krusial yaitu kelangkaan ketersediaan APD tenaga medis yang ada di lapangan.

Seperti diketahui, masih banyak tenaga medis yang menggunakan alat pelindung diri seadanya dengan jas hujan. Hal ini tentu menjadi salah satu permasalahan yang harus ditangani secepat mungkin.

Karenanya, APD yang dibuat dengan mempertimbangkan berbagai alternatif, seperti kemudahan dalam replikasi serta pemilihan bahan dasar yang dapat meminimalisasi risiko terpapar Covid-19.

"Bahannya ialah alternatif tekstil dengan spesifikasi minimum untuk keperluan hazmat yakni dengan taslan rinjani (water repellent and clear taslan) tanpa menggunakan coating dengan lilin," ujar Tyar seperti dikutip dari laman resmi ITB, Jumat (15/5/2020).

Keunggulan produk

1. Menggunakan bahan clear taslan

2. Berbahan woven polyester fabric

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X