Kompas.com - 16/05/2020, 13:36 WIB

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan "Cerita Sabtu Pagi", Episode:” Toraja & Marauke” untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan SD Kelas 1 – 3 sederajat. yang tayang pada Sabtu, 16 Mei 2020.

Belajar dari Rumah adalah program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Baca juga: Rangkuman Pesona di Balik Enceng Gondok, Belajar dari TVRI 15 Mei 2020

Dalam tayangan tersebut diceritakan beragam keunikan budaya Toraja. Alam yang indah dan subur mendukung kehidupan dan aktifitas masyarakat yang dekat pada aneka pemanfaatan bambu. Berikut adalah rangkumannya.

Pompang

Pa’pompang atau Pa’bas. Musik ini digunakan dengan cara ditiup hingga mengeluarkan bunyi. Sehingga bunyi yang terdengar layaknya seperti suara bas.

Alatnya terbuat dari bambu yang dipotong dengan ukuran kecil dan besar yang dilubangi kemudian dirangkai. Dari perbedaan ukuran ini akan menghasilkan bunyi nada yang berbeda ketika ditiup.

Ukuran yang besar menghasilkan nada rendah, sedangkan ukuran kecil untuk nada yang tinggi.

Bahan-bahan bambu yang dipilih pun memiliki kriteria seperti tipis dengan ruas yang panjang, berusia tua, serta permukaannya mesti mulus dan lurus. Agar bunyi yang dihasilkan nanti terdengar bagus dan tidak cempreng.

Untuk pemain, musik bambu ini terdiri dari sekelompok orang yang berjumlah antara 25 atau 35 orang, termasuk peniup suling. Usia pemainnya beragam dari barbagai kalangan, mulai dari anak sekolah dasar hingga orang dewasa.

Biasanya, Pa’pompang dipentaskan pada acara-acara khusus di Toraja seperti acara pernikahan atau syukuran.

Namun pada umumnya, sekarang telah banyak ditampilkan di berbagai macam festival, baik itu di daerah Toraja sendiri maupun dalam acara-acara di luar propinsi Sulawesi Selatan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.