KPK dan Kemendikbud Kolaborasi Isi Liburan Sekolah di TVRI, Seperti Apa?

Kompas.com - 18/05/2020, 08:34 WIB
Program tayangan serunya Belajar dari Rumah di TVRI saat libur Lebaran. DOK.Laman KemdikbudProgram tayangan serunya Belajar dari Rumah di TVRI saat libur Lebaran.

KOMPAS.com - Mulai hari ini, Senin 18 Mei 2020 hingga dua pekan ke depan yakni, Jumat 29 Mei 2020, anak sekolah dapat mengisi liburan dengan tayangan bermakna penguat karakter di TVRI.

Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) bekerja sama mengisi libur sekolah dengan program edukasi penguatan karakter.

Setiap Senin-Jumat tanggal 18-29 Mei 2020, film-film KPK yang ditayangkan diharapkan akan membuat anak sekolah tetap teredukasi dan terhibur selama libur Idul Fitri.

“Kemendikbud menyambut baik kerja sama dengan KPK dalam peningkatan karakter peserta didik," papar Inspektur Jenderal Kemendikbud Muchlis Rantoni Luddin, seperti dikutip dari laman Kemendikbud, Senin 18 Mei 2020.

Baca juga: Covid-19, Ini Sederet Perubahan Kebijakan Pendidikan di Indonesia

Selain seri "Sahabat Pemberani" milik KPK yang sudah tayang di program Belajar dari Rumah sejak 18 April 2020, pada masa libur sekolah ini KPK akan menghadirkan tayangan boneka tangan Si Kumbi untuk anak-anak usia tiga sampai enam tahun.

Si Kumbi merupakan film animasi dengan seekor kumbang sebagai pemeran utamanya.

Kumbi dan kawan-kawannya akan mengajak anak-anak Indonesia untuk berpikir, berkata, dan berlaku jujur sejak usia dini. Si Kumbi bisa disaksikan setiap Senin-Jumat pukul 08.30-09.00 WIB.

Tidak hanya untuk anak-anak, setiap Senin-Jumat pukul 09.00-09.30 WIB KPK juga akan menghadirkan film-film pendek finalis “Anti-Corruption Film Festival” untuk remaja dan semua umur.

Film-film pendek ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dan menanamkan perilaku antikorupsi.

Baca juga: Jadwal TVRI 18 Mei 2020: Tayangan Penguatan Karakter Mengisi Liburan

Tayangan edukatif ini, lanjut Muchlis, diharapkan dapat mendukung program pendidikan karakter, serta memperkuat nilai-nilai karakter peserta didik. Terutama pada nilai integritas, tanggung jawab, kemandirian, gotong-royong, nasionalisme, dan sikap religius.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X