Kompas.com - 18/05/2020, 22:11 WIB

KOMPAS.com - Dalam masa PSBB (Pembatasa Sosial Berskala Besar), intensitas pertemuan orangtua dan anak semakin tinggi karena kegiatan bekerja dan juga belajar banyak dilakukan dari rumah.

Meski pertemuan antara orang tua dan anak semakin tinggi, namun memasuki hampir 2 bulan masa karantina ini menimbulkan sisi lain yang perlu juga diperhatikan: menurunnya semangat untuk belajar di rumah.

Menurunnya semangat ini tentu perlu diwaspadai agar belajar tidak menjadi justru menjadi beban bagi anak selama di rumah. Padahal, proses pendidikan tidak boleh terhenti karena wabah corona.

Dalam pekan parenting kali ini, Kompas.com bersama dengan PHI (Perkumpulan Homeschooler Indonesia) mengangkat tema "Bangun Semangat Pejuang Selama Belajar dari Rumah" yang akan digelar, Selasa, 19 Mei 2020, pukul 11.00 WIB.

Baca juga: Dies Natalis UNY ke-56: Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi

Narasumber live streaming Instagram @Kompas.com akan menghadirkan Ellen Nugroho, Koordinator Nasional Perkumpulan Homeschooler Indonesia (PHI).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas.com (@kompascom) on May 18, 2020 at 6:23am PDT

PHI didirikan atas dasar keyakinan bahwa pembelajaran mandiri berbasis keluarga adalah pilihan yang harus sama dihargai dan dilindunginya oleh masyarakat dan Negara.

PHI meyakini dengan persekolahan atau pembelajaran di lembaga non-sekolah, dan anak serta keluarga homeschooler Indonesia patut diperlakukan secara setara tanpa diskriminasi oleh semua pihak dengan menghargai pilihan pendidikannya itu.

Menurut PHI, idealisme tentang pendidikan yang merdeka, setara, dan berkualitas harus diperjuangkan bersama-sama dalam kerangka besar cita-cita mencerdaskan seluruh bangsa Indonesia menuju kehidupan bersama yang makmur berkeadilan.

Selain menghadirkan seri live streaming parenting, KG Media juga menghadirkan beragam artikel agar keluarga Indonesia tetap teredukasi dari rumah melalui laman www.terhubungdarirumah.com

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.