Dies Natalis UNY ke-56: Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi

Kompas.com - 18/05/2020, 19:52 WIB
Universitas Negeri Yogyakarta TribunnewsUniversitas Negeri Yogyakarta

KOMPAS.com - Universitas Negeri Yogyakarta melakukan upacara dies natalis yang ke-56 dengan tema "Kearifan Lokal dan Nasional untuk UNY Unggul" pada Senin (18/5/2020).

Semangat para civitas akademika UNY untuk merayakan dies natalis terus berjalan meskipun dalam keadaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Upacara dies natalis pun berlangsung melalui kanal Youtube dan dapat disaksikan secara umum oleh mahasiswa dan masyarakat.

"Selamat kepada Rektor, civitas akademika atas hari jadi dan deret prestasi yang telah diciptakan UNY," ujar Nizam dalam siaran pers yang diterima Kompas.com

Nizam mendukung prestasi yang terus dikembangkan oleh UNY dalam karya inovasi, teknologi, seni, dan budaya. Tepat dengan tema dies natalis UNY ke-56 yang mengangkat tema keunggulan disertai dengan kearifan lokal.

Nizam menyampaikan berbagai tantangan yang akan dihadapi oleh mahasiswa di masa yang akan datang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terutama disrupsi lapangan pekerjaan yang berubah berdasarkan penelitian McKinsey sehingga perguruan tinggi dituntut menyiapkan kompetensi mahasiswanya sedini mungkin.

Baca juga: Mendikbud Nadiem Hapus UN lewat Merdeka Belajar, Ini Penggantinya

Perguruan tinggi menghadapi tantangannya di zaman modern ini. Menurut Nizam saat ini kita berada dalam kondisi VUCA (Vulnerability, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity). Sementara, Indonesia saat ini menuju bonus demografinya.

Dengan ini, perguruan tinggi diharapkan mampu mempersiapkan lulusan yang agile, adaptif, luwes, belajar sepanjang hayat dan sesuai dengan kebutuhan zaman. Agar nantinya bangsa Indonesia berjaya ketika mencapai titik bonus demografinya.

Selain itu, Kemdikbud menerapkan kebijakan Kampus Merdeka untuk menyiapkan bonus demografi Indonesia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X