Kompas.com - 19/05/2020, 09:53 WIB
|

KOMPAS.com - Wabah virus corona yang merebak di seluruh dunia mengharuskan masyarakat untuk tetap tinggal di rumah. Tak terkecuali anak-anak.

Tetapi karena banyak di rumah, kini intensitas anak untuk bermain handphone menjadi lebih tinggi. Anak pasti ingin hiburan dari handphone milik orangtuanya.

Hanya saja jika tidak diawasi atau orangtua lengah, anak-anak bisa mendapatkan informasi yang tidak seharusnya dinikmati anak dibawah umur.

Baca juga: Ingin Baca Buku di Aplikasi EPerpusdikbud, Begini Caranya

Sebab, aplikasi yang sering banyak diakses dihandphone biasanya adalah pencarian (google), kemudian Youtube untuk menonton video dan juga media sosial.

Agar anak aman dari konten-konten negatif, maka orangtua perlu install di handphone. Apa saja aplikasi aman bagi anak?

Melansir laman Sahabat Keluarga Kemdikbud RI, berikut ini 3 aplikasi yang aman bagi anak.

1. Kiddle

Ini adalah mesin pencari khusus anak. Kiddle adalah mesin pencari dari Google yang disediakan khusus untuk anak-anak. Dengan browser ini maka hasil pencarian akan terfilter dari konten-konten negatif.

Contohnya:

Jika ingin mencari dengan kata kunci / Keywords "Pembunuhan", pencarian dengan Google maka akan tampil semua hasil penelusuran dengan keyword "Pembunuhan".

Sedangkan dengan Kiddle, pencarian keyword "Pembunuhan" tidak ditampilkan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.