Seleksi Masuk Politeknik Negeri Dibuka Hari Ini, Berikut Syarat dan Link-nya

Kompas.com - 19/05/2020, 12:33 WIB
Laman pendaftaran SBMPN 2020 DOK. SBMPN 2020Laman pendaftaran SBMPN 2020

KOMPAS.com - Jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri atau SBMPN 2020 telah resmi dibuka hari ini, Selasa, 19 Mei 2020 secara daring oleh Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto.

Jalur SBMPN adalah seleksi jalur seleksi diperuntukkan bagi siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Proses seleksi ini terbuka bagi siswa yang telah mengikuti pendidikan di SMA (Sekolah Menengah Atas), SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), Madrasah Aliyah (MA) dan Kejar Paket C lulusan tahun 2018, 2019 dan 2020.

Tahun ini sebanyak 42 politeknik negeri dari seluruh wilayah Indonesia berpartisipasi dalam SBMPN tahun 2020. Jalur SBMPN 2020 membuka kuota sekitar 40 persen dari sekitar 46 ribu kursi yang tersedia di politeknik negeri Indonesia.

Baca juga: Seleksi Masuk Politeknik Negeri Dibuka Hari Ini, Dirjen Vokasi: Pilihlah Sesuai Passion

Ketua Panitia SBMPN, Zaenal Arifin menyampaikan pendidikan tinggi vokasi telah melakukan sejumlah adaptasi terkait kondisi wabah Covid-19.

"Lebih khusus kita mengalami cobaan besar terkait wabah Covid-19 ini, forum direktur beradapatasi menyesuaikan dengan kondisi yang ada yang berpengaruh pada seleksi dari berbasis ujian tulis menjadi berbasis portofolio," jelas Zaenal Arifin.

Berikut beberapa informasi penting terkait SBMPN 2020:

Syarat peserta

  1. Memiliki NISN
  2. Berusia maksimal 21 tahun per tanggal 19 Mei 2020
  3. Lulusan SMA, SMK, MA, atau Kejar Paket C tahun 2018, 2019, 2020
  4. Memiliki nilai rapor semester 1-6 dan ijazah/SKL
  5. Belum diterima di jalur penerimaan SNMPN 2020

Tahapan seleksi

  1. Registrasi: peserta melakukan registrasi dengan memasukan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), email dan pilihan politeknik.
  2. Pembayaran: peserta melakukan pembayaran sebesar Rp 150.000 ke rekening yang tertera.
  3. Login: peserta akan mendapatkan user name dan password melalui email yang didaftarkan apabila sudah melakukan pembayaran.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X