Najelaa Shihab: Orang Tua Tidak Memberi Anaknya Kesempatan "Salah"

Kompas.com - 29/05/2020, 16:21 WIB
Tangkapan layar Program Belajar dari Rumah TVRI DOK/TVRITangkapan layar Program Belajar dari Rumah TVRI

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan Keluarga Indonesia episode: Mengelola Sumber Daya Keluarga yang tayang pada pukul 10.30 - 11.00 WIB untuk Orangtua atau Guru pada 29 Mei 2020.

Belajar dari Rumah adalah Program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Berikut adalah rangkuman tayangan Keluarga Indonesia episode: Mengelola Sumber Daya Keluarga.

Orangtua adalah pendidik utama dan pertama dalam keluarga. Pendidikan di dalam keluarga sangat penting untuk tumbuh kembang anak.

Dalam tayangan Keluarga Indonesia, Najelaa shihab (Founder Kelurgakita.com) memberikan beberapa cara agar anak dapat belajar efektif dan mandiri.

Perlu latihan bertahap

Najelaa menyampaikan, "orangtua bingung cara mendampingi anak belajar di rumah karena memang proses belajar efektif itu tidak tumbuh dengan sendirinya. Itu kebiasaan yang sebetulnya perlu dibangun dari mulai anak sangat kecil."

"Kita sering kali memang tidak mengajarkan itu dan tidak membangun kebiasaan dan rutinitas itu. Padahal dari anak mulai sekolah sebetulnya dia butuh latihan-latihan, dari sudut waktu misalnya," jelasnya.

Menurut Najelaa semua butuh proses. "Ada proses untuk kemudian dia bisa menggerjakan PR atau melakukan tugas mandiri dalam jangka waktu yang lama. Tidak bisa anak kelas 5 SD mengerjakan PR satu jam," tambahnya.

"Jadi memang mulainya itu dari mulai baca sama-sama setiap hari, 5 menit, 10 menit.
Mengerjakan tugas sendiri 10 menit, 20 menit, 30 menit. Itu tahapan yang harus dilalui," jelasnya.

Ia menambahkan, "tapi tidak semua orangtua membuat struktur dan rutinitas seperti itu." Ucap Najelaa.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X