Kompas.com - 05/06/2020, 23:35 WIB

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan “Keluarga Indonesia episode: menghindari jadi toxic parent” untuk pengasuh dan pendidik anak pada 5 Juni 2020.

Belajar dari Rumah adalah Program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Berikut adalah rangkuman tayangan Keluarga Indonesia "Menghindari Jadi Toxic Parent"

Dalam tayangan tersebut Monica sulistiawati, M.Psi Psikolog anak berbicara tentang bagaimana menjadi orang tua dan menghindari jadi toxic parent.

"Toxic parents ini mereka melakukan sesuatu atas nama cinta, tapi sebenarnya justru yang dilakukan adalah hal yang sangat keterbalikannya. Jadi justru sedikit demi sedikit malah menyakiti dan meracuni si anak," kata Monica.

Menurut Monica, "Misalnya orang tua yang toxic parents ini tidak bisa memiliki empati pada si anaknya, memiliki target dan memiliki cita-cita yang tinggi pada si anak tapi tidak diiringi dengan apresiasi."

Ia melanjutkan, "justru ketika si anak melakukan kesalahan sedikit saja marah-marah, membentak si anak, orang tua biasanya sangat perhitungan kepada si anak dengan mengungkit-ngungkit "mama tuh sudah memberikan kamu semuanya loh."

"Ketika si anak gagal melakukan sesuatu justru tidak di motivasi untuk memperbaiki kesalahannya "tuhkan mama juga bilang apa, kamu tuh emang bodoh, begini aja ga bisa kan," ujar Monica.

Orangtua yang toxic parents ini umumnya tidak menghargai privasi anak kalau mengambil keputusan tentang hal-hal yang berhubungan dengan anak.

"Dia tidak akan berdiskusi dengan si anak melainkan langsung mengambil keputusan tanpa pertimbangkan apakah si anak menyukainya atau tidak," jelas Monica.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.