Curhat Calon Wisudawan tentang #WisudaLDR2020, Narasi dan Foto Toga bikin Toxic Positivity

Kompas.com - 10/06/2020, 21:07 WIB
Unggahan Instagram dengan tagar wisuda LDR 2020 InstagramUnggahan Instagram dengan tagar wisuda LDR 2020

KOMPAS.com - Sejumlah calon wisudawan mengaku postingan-postingan tantangan hashtag #WisudaLDR2020 berakhir menjadi toxic positivity.

Ungkapan-ungkapan semangat dari para netizen kepada calon wisudawan yang terkendala wisuda secara offline justru dinilai membuat sedih, kecewa, dan hingga sakit hati.

Aileen, calon wisudawan dari perguruan tinggi negeri di Jawa Barat menyayangkan adanya hashtag #WisudaLDR2020.

Ia terintimidasi oleh narasi yang dituliskan dan foto toga yang diunggah para netizen.

"For me personally, cukup disayangkan sih karena hashtag itu end up jadi toxic positivity, di lingkunganku juga banyak yang sepaham sama ini. Karena momen wisuda bagi tiap orang pasti punya arti yang beda," kata Aileen kepada Kompas.com, Rabu (10/6/2020).

Baca juga: Foto dengan Tagar #WisudaLDR2020 Bikin Calon Wisudawan Sedih dan Sakit Hati

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wisuda baginya tak hanya berarti bagi wisudawan, melainkan juga untuk para orangtua wisudawan .Ia beranggapan mahasiswa angkatannya yang lulus tahun ini terasa menyedihkan karena postingan-postingan yang dirasakannya tak berempati.

"Angkatan saya kok kaya dianggapnya menyedihkan banget padahal possibility kita wisuda offline juga ada gitu, kenapa harus kaya gitu banget hashtag dan narasinya," ujarnya.

Beberapa narasi yang berujung toxic positivity, lanjut Aileen seperti "“Iya semangat ya, ngga wisuda bukan akhir dari hidup lu kok”, “Kelulusan ga selamanya harus ditandain pake wisuda, kamu masih bisa foto-foto di studio kok nanti”.

Sebanyak 800 mahasiswa IPB University diwisuda pada Rabu (15/1) bertempat di Gedung Grha Widya Wisuda (GWW) Kampus IPB Dramaga Bogor. Seremonial wisuda dibuka secara langsung oleh Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria.Dok. IPB University Sebanyak 800 mahasiswa IPB University diwisuda pada Rabu (15/1) bertempat di Gedung Grha Widya Wisuda (GWW) Kampus IPB Dramaga Bogor. Seremonial wisuda dibuka secara langsung oleh Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria.

Ada juga seperti, "Lagi pula, wisuda itu hanya prosesi saja. Mungkin yang tidak boleh hilang itu kenangan memakai toganya dan potret berangkulan bersama orang tua,"

"Well people could just simply say (Orang-orang cukup mengucapkan), 'semoga pandemi ini cepet berakhir ya, semangat nunggu wisudanya' kaya gitu juga udah cukup. Kalau ngga bisa nyemangatin diem aja juga gapapa," tambahnya.

Baca juga: Polemik Tantangan #WisudaLDR2020, Ini Makna Wisuda bagi Calon Wisudawan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.