Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Ingatkan Pendidikan Berbasis Agama Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Kompas.com - 11/06/2020, 12:10 WIB
Irfan Kamil,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Memasuki tatanan normal baru (New Normal), beberapa pemerintah daerah mulai memberlakukan masa transisi dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang di terapkan di beberapa sektor termasuk sektor pendidikan.

Oleh sebab itu, pendidikan di sekolah umum maupun sekolah berbasis agama seperti pesantren, harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia KH. Ma’ruf Amin mengatakan perlunya melakukan protokol kesehatan termasuk sekolah agama seperti pesantren.

“Dan kemudian mereka juga dipandu supaya tetap menggunakan masker, menjaga physical distancing-nya, kemudian mencuci tangan, pokoknya protokol kesehatan juga dijalankan,” tegas Wakil Presiden Ma’ruf Amin dikutip dari laman wapresri (08/06/2020).

Tes PCR

Terkait pesantren yang sudah menerima santri kembali, Wapres Ma’ruf Amin mengungkapkan pemerintah akan menyiapkan bantuan agar tetap aman dan dapat berkegiatan seperti biasa.

“Karena itu kita akan membantu pesantren, pemerintah akan membantu menyiapkan pesantren supaya sebelum santri masuk itu pesantren sudah disterilkan dulu, sudah aman dulu kemudian santri masuk itu juga harus tes PCR (Polymerase Chain Reaction) sehingga mereka sudah aman,” ungkap Wapres.

Baca juga: Cegah Lonjakan Harga, Kemenristek Bentuk Tim Pengembangan Vaksin Nasional

Sementara, Wapres mengakui selama pemberlakuan masa PSBB banyak pendidikan online yang tidak berjalan secara maksimal karena keterbatasan akses internet pada daerah tertentu sehingga pendidikan tatap muka dirasa masih menjadi model pendidikan yang efektif.

“Banyak daerah-daerah yang tidak melakukan pendidikan online jadi tidak ada belajar mengajar karena kesulitan komunikasi,” jelas Wapres.

Protokol kesehatan

Ia melanjutkan, “Jadi, online-nya sendiri tidak maksimal dan banyak daerah-daerah yang tidak (memungkinkan) terjadi pendidikan selama ini melalui online. Karena itu memang harus ada tatap muka. Tetapi tidak semua daerah itu aman.”

Wapres Ma’ruf Amin pun kembali mengingatkan, baik sekolah umum maupun sekolah berbasis agama untuk dapat menerapkan protokol kesehatan agar murid-murid tetap terlindungi dari terpapar Corona Virus Disease (Covid-19).

“(Sekolah) harus memiliki sanitasi yang cukup, air bersih di sekolahnya itu, dan bisa diawasi, jumlah (murid)nya juga per kelasnya harus tidak full, harus setengah, kemudian juga pengawasannya dan persiapannya lebih,” tegas Wapres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com