Kompas.com - 26/06/2020, 08:30 WIB
|

KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19, seluruh siswa mengikuti pembelajaran daring di rumah. Jika biasanya siswa mendapat bimbingan guru di kelas, kali ini orang tua yang harus membimbing anak, khususnya anak usia dini.

Tetapi, guru tidak tinggal diam. Guru juga tetap melakukan penilaian terhadap perkembangan setiap anak. Tetapi, bagaimana cara melakukan penilaian itu?

Penilaian itu sendiri merupakan proses pengukuran hasil kegiatan belajar anak. Untuk pengukurannya dilakukan berdasarkan hasil pengamatan perilaku dan karya yang dibuat anak.

Baca juga: 4 Tips Bermain Sains bagi Anak Usia Dini

Sedangkan pengamatan yang dilakukan harus bersifat otentik yaitu sesuai dengan fakta yang sesungguhnya. Penilaian hasil kegiatan belajar anak itu juga harus:

  • Terukur
  • Berkelanjutan
  • Menyeluruh mencakup pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak selama kurun waktu tertentu.

Berikut penilaian perkembangan anak usia dini selama masa pandemi Covid-19 yang dirangkum dari Akun Resmi Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kamis (25/6/2020):

Orang tua melakukan penilaian

Kini, orang tua yang akan membantu guru dalam mengamati pertumbuhan dan perkembangan anak. Orang tua mengamati berbagai aktivitas anak di rumah melalui pengamatan terhadap segala hal yang dilakukan anak, seperti:

Apa yang diucapkan anak, termasuk ekspresi wajah, gerakan, dan karya anak, baik di halaman rumah, di ruang keluarga, di dapur, kamar mandi, atau di tempat tidur.

Dalam hal ini orang tua hanya mengamati dan merekam proses belajar anak ke dalam bentuk video atau memfoto hasil karya anak kemudian disampaikan kepada guru melalui media daring.

Selain itu, orangtua juga perlu mengamati pertumbuhan fisik anak, seperti mengukur berat tubuh, tinggi badan/panjang badan, dan lingkar kepala.

Jika orang tua mengalami kesulitan mengakses jaringan internet atau jaringan tidak stabil maka orang tua dapat menceritakan kegiatan yang dilakukan melalui telepon langsung ke guru atau lewat SMS.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.