DQLab
Komunitas data scientist

Komunitas praktisi dan industri dalam program belajar data science oleh DQLab (dqlab.id).

Mengenal "Data Science" untuk Hadapi Industri di Era New Normal

Kompas.com - 29/06/2020, 10:36 WIB
Ilustasi. Data Science DOK. DQLABIlustasi. Data Science

KOMPAS.com - Meningkatnya kebutuhan talenta data pada industri, membuat profesi data semakin populer. Kamu juga bisa lho, berkontribusi untuk menjadi seorang praktisi data.

Bagi kamu yang ingin memulai karir di dunia data, kenali dulu apa itu data science dan bagaimana cara pengaplikasiannya pada industri nyata.

Persiapkan dirimu untuk memulai karir di Industri data, dengan melatih dan mengasah kompetensi datamu agar lebih siap menghadapi new normal di era digital sekarang ini.

DQLab berkolaborasi bersama Gilang Maulana, Data Scientist Telkom Indonesia, untuk membantu kamu mengenal lebih dalam tentang data science.

Yuk, kita simak bersama!

Baca juga: Persiapkan Kompetensi Ilmu Data Science untuk Hadapi New Normal

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Peran data science di new normal

Sebelum menjalankannya kamu perlu tahu, pengertian dari new normal adalah salah satu langkah untuk mempercepat penanganan Covid-19 dalam berbagai aspek, diantaranya adalah kesehatan, ekonomi dan sosial.

Pemerintah Indonesia merencanakan untuk mengimplementasikan new normal dengan mempertimbangkan segala pro dan kontra dari protokol yang berlaku.

Ilmu data science pun memiliki peran penting dalam memprediksi penyebaran wabah Covid-19, dengan penggunaan machine learning kamu dapat mengetahui apakah dengan diterapkannya new normal dapat memutus rantai penyebaran Covid-19 dan memulihkan ekonomi negara berdasarkan data yang ada.

2. Data science sebagai profesi idaman

Penting bagi kamu untuk memahami apa itu data science, jika ingin terjun ke ranah data atau beralih profesi. Data science sendiri merupakan ilmu tentang penggunaan data yang menghasilkan sebuah story yang memberikan dampak besar dan baik bagi perusahaan atau industri data.

“Data yang digunakan harus memiliki impact baik bagi perusahaan atau industri data. Data Science sendiri beririsan dengan tiga keilmuan, diantaranya Computer Science, Math and Statistics, dan Domain Expertise,” jelas Gilang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.