Pilihan Jurusan untuk Profesi Bidang Data Science Bergaji Dua Digit

Kompas.com - 06/02/2020, 16:17 WIB
Ilustrasi laptop dan ponsel. Ilustrasi laptop dan ponsel.

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi yang amat pesat diiringi dengan lahirnya era Revolusi Industri 4.0 menjadi lahan subur tumbuhnya perusahaan-perusahaan berbasis teknologi.

Sejumlah perusahaan dan industri besar pun kini tengah "bermain" menggunakan Data besar (Big Data) dan Sains Data ( Data Science) untuk melakukan analisis data maupun prediksi-prediksi untuk perkembangan bisnis, industri maupun bidang-bidang lain di masa depan.

Sehingga prospek karier di bidang teknologi seperti data science akan semakin dibutuhkan.

Bahkan, dalam sebuah laporan Linkedin juga menyebutkan pekerjaan yang berhubungan dengan data seperti Data Scientist juga menjadi pekerjaan baru yang muncul dan akan terus berkembang di tahun 2020.

Sejumlah perguruan tinggi di dunia telah memiliki program studi Statistika dan Data Science demi mengakomodir kebutuhan tenaga ahli di bidang analisis data. Beberapa di antaranya ialah Stanford, University of Houston, Yale, Monash dan Eidenburgh.

Baca juga: DQLab Data Champion, Saat Data Analyst dan Data Scientist Unjuk Gigi

Di Indonesia, kampus yang segera membuka jurusan untuk bidang ini ialah Institut Pertanian Bogor (IPB). IPB akan membuka program studi (prodi) Statistika dan Sains Data di tahun 2020.

Kampus lain yang lebih dulu mengakomodir ialah Universitas Parahyangan (UNPAR). Jurusan Teknik Informatika UNPAR merupakan salah satu jurusan pertama di Indonesia yang membuka program Data Science.

Profesi dan kisaran gaji di bidang data science

Garis besarnya, data science merupakan keilmuan terkait mengolah dan melakukan analisa data yang menggabungkan kemampuan programming, statistika, serta pemahaman bisnis.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh platform belajar data science online DQLab.id, saat ini banyak perusahaan di Indonesia yang aktif merekrut individu dengan keahlian data science.

DQLab.id menyebut, ada 3 profesi yang bisa kamu geluti di bidang data science, yakni:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber DQLab
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X