Universitas Indonesia Buka Kuota 3.769 Mahasiswa Baru Jalur SIMAK UI

Kompas.com - 01/07/2020, 11:32 WIB
Universitas Indonesia ShutterstockUniversitas Indonesia

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) menyediakan 3.769 kursi bagi mahasiswa baru jenjang Vokasi, S1 Reguler dan S1 Paralel melalui jalur masuk ujian tulis SIMAK UI.

Hal tersebut disampaikan UI melalui keterangan tertulis di laman resmi universitas.

"Bagi lulusan SMA/Sederajat yang tertarik dengan bidang kejuruan dapat mendaftar di program Pendidikan Vokasi. Sedangkan bagi yang tertarik dengan bidang keilmuan dapat mendaftar di program S1 Reguler dan S1 Paralel," tulis keterangan tersebut seperti dilansir Kompas.com, Rabu (1/7/2020).

Pendaftaran SIMAK UI untuk jalur Vokasi, S1 Reguler dan S1 paralel telah dibuka mulai 19 Juni 2020 hingga 19 Juli 2020.

Baca juga: Ini Kebijakan Baru Mendikbud Nadiem soal Keringanan UKT Mahasiswa

Untuk jadwal ujian, ujian SIMAK UI untuk jalur Vokasi, S1 Reguler dan S1 paralel akan dilakukan pada tanggal 5 Agustus 2020 dan pengumuman pada tanggal 22 Agustus 2020.

"Halo calon mahasiswa UI, kami informasikan update jadwal SIMAK UI untuk program S1 Reguler/ S1 Paralel/ D3 Vokasi, bahwa tanggal ujian SIMAK UI diundur menjadi 5 Agustus 2020 dan pengumuman kelulusan menjadi 22 Agustus 2020," tulis laman Instagram UI.

Bila tertarik untuk masuk UI melalui jalur ini, segera lakukan pendaftaran sebelum 19 Juli 2020 pukul 23.59 WIB.

Informasi lengkap dan pendaftaran SIMAK UI untuk ketiga program tersebut dapat dilakukan melalui laman penerimaan.ui.ac.id.

Baca juga: Beasiswa D3/S1 dari Universitas Islam Indonesia, Bebas Biaya Kuliah

SIMAK UI untuk peserta KIP Kuliah

Peserta KIP Kuliah juga dapat mendaftar jalur SIMAK UI. Berikut alur pendaftaran SIMAK UI untuk pemegang kartu KIP Kuliah:

  1. Membuat akun di laman penerimaan.ui.ac.id
  2. Login dengan akun yang sudah dibuat.
  3. Melengkapi isian pada menu KIP Kuliah (mulai tanggal 25 Juni 2020).
  4. Menunggu hasil verifikasi.
  5. Setelah diverifikasi, peserta dapat melanjutkan pengisian formulir pendaftaran dan memilih program studi pada menu Buat Pendaftaran.
  6. Peserta yang lolos verifikasi KIP Kuliah tidak perlu membayar biaya pendaftaran.

Baca juga: Beasiswa S2 Brunei, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 5 Juta Per Bulan

Keterangan:

  • Peserta KIP Kuliah hanya dapat memilih jalur S1 Reguler dengan maksimal pilihan 3 program studi.
  • Setelah diterima di Universitas Indonesia pada Program S1 Kelas Reguler, calon mahasiswa yang terdaftar sebagai peserta KIP-Kuliah wajib mengumpulkan berkas kelengkapan tambahan sebagi proses seleksi penerima KIP Kuliah di UI. Berkas kelengkapan tersebut akan diinformasikan pada saat pengumuman hasil seleksi. lalu mengunggah foto kartu KIP Kuliah untuk verifikasi sebagai peserta KIP Kuliah.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X