Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akademisi UGM: Seperti Ini Efektivitas Rapid Test

Kompas.com - 05/07/2020, 13:58 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sampai saat ini, jumlah pasien positif Covid-19 di Indonesia terus meningkat. Padahal, segala upaya telah dilakukan guna menekan laju bertambahnya kasus positif.

Untuk itulah tak heran jika pemerintah mendorong agar dilaksanakan rapid test di berbagai daerah. Terlebih di daerah memiliki kasus Covid-19 yang tinggi.

Tidak hanya itu saja, banyak masyarakat yang secara mandiri melakukan rapid test karena khawatir terpapar Covid-19.

Menurut akademisi Universitas Gadjah Mada (UGM) yang juga Ketua Satgas Covid-19, Dr. dr. Rustamadji., M.Kes., rapid test terbagi menjadi dua jenis yakni rapid test anti bodi dan rapid tes antigen.

Baca juga: Guru Besar Farmasi UGM: Ini Terapi Penyembuhan Covid-19

Adapun keduanya digunakan sebagai langkah skrining awal dalam deteksi Covid-19. Namun bukan untuk mendiagnosis infeksi Covid-19 pada seseorang.

"Rapid test tidak bisa digunakan untuk penegakan diagnosis Covid-19, namun hanya untuk pemeriksaan awal saja," ujarnya seperti dikutip dari laman UGM, Sabtu (4/7/2020).

Rapid test antibodi

Lebih jauh, Adji menjelaskan, bahwa rapid test antibodi kurang efektif digunakan untuk mendiagnosis Covid-19.

Rapid test antibodi lebih tepat digunakan untuk tujuan surveilans kesehatan masyarakat seperti melihat kekebalan pada suatu kelompok/komunitas.

Dikatakan, rapid test antibodi dilakukan berdasar pada terbentuknya antibodi yakni IgM dan IgG dalam tubuh sebagai mekanisme proteksi terhadap serangan bakteri maupun virus, bukan mendeteksi keberadaan virus.

Dengan kata lain, tes ini hanya mendeteksi antibodi dalam tubuh seseorang apakah pernah terinfeksi atau terpapar virus corona.

"Untuk memastikan keberadaan virus di tubuh atau seseorang terinfeksi virus corona ya dengan uji swab, rapid test hanya sebagai langkah pemeriksaan awal saja," jelas Dosen Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM.

Rapid test antigen

Sedangkan untuk rapid test antigen, Adji mengatakan tes ini sedikit lebih efektif karena bisa mendeteksi antigen atau virusnya.

Meski begitu, baik rapid test antibodi maupun antigen hanya sebagai langkah skrining awal bukan pemeriksaan untuk mendiagnosis infeksi virus corona.

Untuk menekan penyebaran virus corona, Adji meminta masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

Yakni konsisten untuk selalu memakai masker, menjaga jarak, tidak berkerumun, mencuci tangan dengan sabun, serta menerapkan etika saat bersin.

Baca juga: UGM Pimpin Pembuatan Inovasi Rapid Test Covid-19 RI-GHA

Disamping itu, menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Dengan begitu, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan Covid-19 di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com