Cerita Calon Mahasiswa Jalani UTBK 2020 di Tengah Covid-19

Kompas.com - 08/07/2020, 09:35 WIB
UTBK 2020 di UGM Dok. UGMUTBK 2020 di UGM

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 telah membuat banyak orang keluar dari kebiasaan lama dan hidup dalam aturan-aturan di era normal baru.

Tak terkecuali bagi calon mahasiswa peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020, beragam protokol pelaksanaan menjadi syarat penting untuk dipenuhi demi kelancaran ujian.

Merangkum dari laman Universitas Gadjah Mada ( UGM), UTBK 2020 benar-benar berbeda dari tahun sebelumnya.

Baca juga: H-2 UTBK-SBMPTN 2020, Ini Perlengkapan Ujian yang Harus Dipersiapkan

UTBK kali ini mewajibkan seluruh petugas dan pesertanya untuk mengenakan masker dan menjalani beragam protokol kesehatan.

Peserta juga harus mencuci tangan dengan sabun atau memakai hand-sanitizer, dilanjutkan dengan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki ruang ujian.

Beberapa di antaranya juga melengkapi diri dengan faceshield saat mengerjakan ujian di depan komputer.

Baca juga: 8 Protokol Lengkap Pelaksanaan Tes UTBK-SBMPTN 2020 dari LTMPT, Catat!

Pengalaman berbeda tersebut dirasakan oleh peserta UTBK asal Cirebon Tita Rosita (17).

Sebelum menuju ke Yogyakarta, Tita harus menjalani uji rapid test sebagai persyaratan untuk peserta yang berasal dari luar kota.

“Sempat agak takut juga ujian saat pandemi ini, tetapi melihat protokol kesehatan yang dijalankan di UGM cukup baik ya jadi berkurang cemasnya,” tuturnya saat ditemui usai ujian, Selasa (7/7/2020) seperti dilansir dari laman UGM.

UTBK 2020 di UGMDok. UGM UTBK 2020 di UGM

Hal serupa juga dirasakan oleh Regita (17). Calon mahasiswa asal Berbah, Sleman ini juga sempat dihinggapi rasa cemas ujian di tengah wabah.

Halaman:


Sumber ugm.ac.id
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X