Begini Kunci Bangun Keteladanan di Sekolah oleh Guru Penggerak

Kompas.com - 08/07/2020, 09:48 WIB
Tangkapan layar pada peluncuran Guru Penggerak. DOK.Laman KemendikbudTangkapan layar pada peluncuran Guru Penggerak.
|

KOMPAS.com - Saat ini, memberikan bekal ilmu dan pendidikan pada anak sekolah berbeda dengan zaman dahulu. Tetapi, institusi pendidikan masih membutuhkan sosok pemimpin yang bagus.

Tentu tujuannya demi membangun maupun memajukan lingkungan sekolah. Konsep ini idealnya dapat dimiliki oleh kepala sekolah, pengawas dan para mentor di dunia pendidikan.

"Kepemimpinan yang baik tidak hanya mampu mengelola administrasi sekolah namun juga berfokus pada peningkatan kemampuan masing-masing guru di sekolah," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Nadiem Makariem dikutip dari laman Kemendikbud.

Baca juga: Mendikbud Luncurkan Merdeka Belajar Episode 5 Tentang Guru Penggerak

Transformasi pendidikan akan terjadi

Saat berbincang dengan dua kepala sekolah penggerak dalam Acara Peluncuran Merdeka Belajar Episode Lima: Guru Penggerak melalui telekonferensi di Jakarta (3/7/2020), Nadiem mengatakan beberapa hal.

Menurut Nadiem, jika pemimpin seperti itu maka transformasi pendidikan akan terjadi. Seperti halnya yang telah dilakukan oleh dua kepala sekolah penggerak yang berhasil mewujudkan konsep Merdeka Belajar di sekolahnya.

Salah satu kepala sekolah penggerak itu ialah Mariance Wilda Dida, Kepala SDN 9 Masohi, Maluku Tengah.

Mariance menceritakan usahanya membangun sekolah ramah anak tidak mudah. Sebab, pada awal dia mengenalkan konsep tersebut kepada guru-gurunya tetapi baru beberapa guru saja yang mendukung.

Ia yakin, menciptakan budaya institusi yang baik harus dimulai dengan keteladanan yang dicontohkan guru kepada siswa.

Dengan begitu, nilai-nilai kasih sayang antarsesama lebih mudah dipahami dan ditiru oleh seluruh warga sekolah, termasuk orang tua.

Dengan pendekatan persuasif

Pendekatan persuasif dalam mendidik anak usia dini juga akan membawa dampak positif bagi psikologis mereka yang akan dibawanya hingga dewasa.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X