Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membangkitkan Kembali Kejayaan "Jalur Rempah" Nusantara

Kompas.com - 09/07/2020, 21:22 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Jalur Rempah menjadi saksi perkembangan dan pasang surut peradaban bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari. Perjalanan kekuasaan politik, dan sosial budaya bangsa Indonesia selalu terkait dengan keberadaan rempah ini.

Agar keberadaan dan sejarah jalur rempah tidak tengelam dengan keadaan jaman, Kemendikbud berupaya mempertahankan sejarah keberadaan Jalur Rempah yang merupakan puncak peradaban penting bagi bangsa Indonesia pada masa lalu.

Dirjen kebudayaan berharap masyarakat lebih paham terhadap sejarah perkembangan peradaban di nusantara sebagai bangsa bahari.

"Itulah yang perlu dipahami oleh masyarakat Indonesia, khususnya anak muda bagaimana Jalur rempah berperan penting bagi perkembangan bangsa," papar Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid melalui rilis resmi (9/7/2020).

Baca juga: Pentingnya Kebudayaan sebagai Pondasi Karakter Bangsa

Jadi daya ungkit ekonomi 

"Sangat disayangkan bilamana sejarah Jalur Rempah jika harus tenggelam zaman. Kesadaran akan masa lalu kita sangat penting," tegasnya.

Hilmar menyampaikan, "Kami mengingatkan para pengambil kebijakan baik di pusat, daerah dan komunitas budaya, akan pentingnya pembelajaran untuk generasi muda tentang sejarah Jalur Rempah."

Dirjen Kebudayaan kemudian menginiasi beberapa program prioritas untuk mengenal lebih jauh mengenai keberadaan Jalur Rempah.

Ada beberapa aspek penting dalam kaitan penguatan Jalur Rempah. Harapannya nanti, Jalur Budaya Rempah dapat diakui sebagai warisan dunia oleh UNESCO sebagai milik Indonesia.

Dari aspek ekonomi diharapkan rempah-rempah ini diharapkan bisa kembali menjadi daya ungkit terhadap ekonomi bangsa dan menjadi produk unggulan Indonesia, mulai dari pengobatan, makanan, kesenian dan produk budaya lainnya.

Selain itu membangkitkan kembali kejayaan Jalur Rempah Nusantara juga diharapkan akan bisa menjadi upaya memperkuat diplomasi budaya bangsa Indonesia.

"Program Jalur Rempah adalah gerakan bersama dari seluruh stake holder sehingga keberadaannya dapat mendorong kemajuan bangsa," ujar Hilmar.

Ia melanjutkan, "ke depan akan diadakan pula program muhibah dengan kapal menelusuri jalur-jalur pelabuhan yang pernah berhubungan dengan rempah-rempah pada masa lalu."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com