4 Prodi Paling Diminati di SBMPN 2020, Studi Bisnis Terfavorit

Kompas.com - 09/07/2020, 15:32 WIB
Ilustrasi mahasiswa Dok. PixabayIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Hasil Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) tahun 2020 resmi diumumkan pada 4 Juli 2020.

Pasca diumumkannya hasil SBMPN 2020, tercatat ada empat program studi (prodi) yang menduduki peringkat atas dengan peminat tertinggi

Merangkum laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), prodi terfavorit didominasi oleh bidang bisnis dan informatika dengan urutan Program Studi Akuntansi pada urutan pertama.

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah Jalur Mandiri PTS Dibuka, Ini Link dan Cara Daftar

Lalu, prodi selanjutnya yang paling diminati peserta SBMPN ialah Administrasi Bisnis, Manajemen Bisnis dan Teknik Informatika.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Wikan Sakarinto mengatakan, masyarakat masih menaruh kepercayaan yang besar pada prodi-prodi bernuansa bisnis dan ekonomi, seperti Akuntansi, Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis.

“Masyarakat menganggap kebutuhan akan alumni prodi ini banyak dibutuhkan, terutama dalam membangun perekonomian di Indonesia,” ujar Wikan seperti dilansir dari laman Kemendikbud.

Baca juga: Belajar Bahasa Korea Gratis dari Korea Foundation, Uang Saku Rp 12 Juta

Masyarakat, lanjut dia, kini juga mulai melirik peluang-peluang yaitu dengan membangun bisnis atau usaha, membuka dan mengatur usaha, keuangan, serta dokumentasi dengan baik secara offline dan online.

“Tak hanya itu, lulusan yang mampu membuka usaha yang kreatif, inovatif barbasis IT dan menciptakan lapangan kerja akhir-akhir ini juga dibutuhkan. Selain memberi ruang berkembangnya industri kreatif, juga diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat,” terang Wikan.

Perkembangan teknologi yang kian pesat, terutama yang berhubungan dengan informasi dan komputer ditengarai menjadi alasan kenapa prodi Studi Teknik Informatika juga banyak dipilih.

Di samping, lanjut dia, prediksi bahwa kebutuhan tenaga kerja pada empat prodi itu masih sangat tinggi.

Baca juga: Beasiswa S2 Brunei, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 5 Juta Per Bulan

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X