MPLS SMKN 1 Cimahi Manfaatkan Aplikasi LMS, Ada Beragam Materi Menarik

Kompas.com - 13/07/2020, 15:13 WIB
MPLS di SMKN 1 Cimahi dengan memanfaatkan aplikasi Learning Management System (LMS). DOK.Laman Disdik JabarMPLS di SMKN 1 Cimahi dengan memanfaatkan aplikasi Learning Management System (LMS).
|

KOMPAS.com - Di seluruh wilayah Indonesia, Senin (13/7/2020) hari ini sedang diadakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS) karena sudah memasuki Tahun Ajaran Baru 2020/2021.

Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, maka MPLS diadakan secara daring. Seperti di SMKN 1 Cimahi Jawa Barat ( Jabar).

Melansir akun resmi Instagram Dinas Pendidikan Jabar, MPLS hari pertama dilaksanakan dengan cara seperti ini.

Baca juga: MPLS Daring di Yogya, SMA Ini Kenalkan Mitigasi Bencana Gunung Merapi

Manfaatkan aplikasi LMS

Ternyata, di SMKN 1 Cimahi di Jalan Maharmartanegara, Kota Cimahi, MPLS di masa pandemi ini satuan pendidikan didorong berinovasi.

Tentu agar materi bisa tersampaikan dengan optimal meski melalui daring. Sekolah ini memanfaatkan aplikasi Learning Management System (LMS) dalam pelaksanaan MPLS tahun ini.

Menurut Kepala SMKN 1 Cimahi, Daud Saleh, pemanfaatan aplikasi tersebut sudah disiapkan dengan matang oleh tim IT di sekolahnya. Pihaknya juga telah menyosialisasikan kepada para siswa.

Adapun pemantauan juga telah dilakukan. Karena, tidak menutup kemungkinan ada siswa yang terkendala fasilitas.

Misalnya tidak ada sinyal atau tidak memiliki sarana.
Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya telah membuat modul khusus.

"Kita telah menyiapkan fasilitas MPLS luring dengan membuatkan modul bagi siswa. Nanti, orang tua atau perwakilan siswa bisa mengambilnya di sekolah," tuturnya.

Ada beragam materi menarik

Sedangkan menurut Ketua Pelaksana MPLS SMKN 1 Cimahi, Erwin, setelah dilakukan pendataan perangkat yang dimiliki siswa, mereka akan dimasukkan pada grup di tiap-tiap jurusan.

Di hari selanjutnya, akan ada beragam materi yang
melibatkan berbagai pihak. Diharapkan bisa lebih menarik minat siswa.

Baca juga: Face Shield Sebatas Anjuran, Siswa Wajib Pakai Masker dan Bawa Cadangan

"Seperti, sekolah ramah anak, sosialisasi bahaya narkoba dari kepolisian, dan penerapan protokol kesehatan dari tenaga medis," jelasnya.

Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X