Ketua Kagama Ganjar Pranowo: Peran Keluarga Penting untuk Cegah Covid

Kompas.com - 14/07/2020, 09:13 WIB
Ilustrasi beraktivitas bersama keluarga. ShutterstockIlustrasi beraktivitas bersama keluarga.
|

KOMPAS.com - Memasuki era kenormalan baru ( new normal), masyarakat kini bisa beraktivitas di luar rumah. Hanya saja, semua harus menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Diantaranya memakai masker, rajin cuci tangan serta jaga jarak. Hal-hal kecil ini harus dilakukan siapa saja di masa pandemi Covid-19.

Terkait kebiasaan baru masyarakat ini, Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) sekaligus Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melakukan survei di akun media sosial miliknya.

Surveinya mengenai anjuran siapa saja yang paling diikuti para anak muda sekarang ini untuk berubah. Tentu terkait kenormalan baru.

Baca juga: Guru Besar UGM: Herbal sebagai Terapi Pendukung Pengobatan Covid-19

Peran keluarga sangat penting

Dari hasil survei itu dijelaskan bahwa keluarga memiliki peran yang sangat besar dalam mencegah penularan Covid-19 dengan mengikuti adaptasi perubahan perilaku dan budaya disiplin protokol kesehatan di era pandemi sekarang ini.

Selain keluarga, peran pemerintah dan tokoh agama juga memberikan andil dalam memotivasi masyarakat mengikuti perubahan budaya dan perilaku baru.

"Orang tua dan pemerintah menduduki persentase terbesar mendorong orang untuk berubah," kata Ganjar dalam webinar, Minggu (12/7/2020).

Untuk hasil survei yang dia lakukan itu, persentasenya ialah:

  • Orang tua: 48 persen
  • Pemerintah: 39 persen
  • Tokoh agama: 7 persen
  • Teman: 6 persen

Karenanya, Ganjar berkeyakinan pendekatan kepada orang tua untuk mengajak anaknya mengikuti anjuran agar bisa ikut mencegah penularan Covid-19 sangat penting.

Adapun anjurannya terkait penggunaan masker, menjaga jarak dan kebiasaan cuci tangan perlu tersampaikan ke orang tua dengan baik.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X