Ditjen Dikti: Mahasiswa Didorong Sukseskan Merdeka Belajar

Kompas.com - 14/07/2020, 11:38 WIB
Mendikbud Nadim Makarim menjelaskan arah kebijakan pendidikan Merdeka Belajar dalam Rapat Koordinasi Mendikbud dengan Kepala Dinas Pendidikan se-Indonesia di Jakarta, Rabu (11/12/2019). DOK. KEMENDIKBUDMendikbud Nadim Makarim menjelaskan arah kebijakan pendidikan Merdeka Belajar dalam Rapat Koordinasi Mendikbud dengan Kepala Dinas Pendidikan se-Indonesia di Jakarta, Rabu (11/12/2019).
|

KOMPAS.com - Gebrakan di dunia pendidikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Nadiem Makarim harus didukung penuh oleh semua pihak.

Terutama setelah mencanangkan program Merdeka Belajar, tujuan utamanya ialah mencetak generasi unggul bagi bangsa Indonesia.

Bagi dunia pendidikan tinggi, mahasiswa, dosen, institusi pendidikan, pelaku usaha, serta agen perubahan lainnya juga harus mendukung.

Baca juga: Pembelajaran Daring dan Biaya Jadi Tantangan Pendidikan Tinggi Pascapandemi

Harus didukung bersama

Melansir akun Instagram, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi ( Ditjen Dikti), Senin (13/7/2020), Merdeka Belajar harus didukung bersama-sama.

Berdasarkan Pasal 3 UU 20 dan UU 12 tahun 2012 mengenai Tujuan Pendidikan Tinggi, Kemendikbud memberikan kebijakan untuk Merdeka Belajar bagi mahasiswa di Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Meski demikian, Merdeka Belajar tidak akan berhasil jika semua agen perubahan tidak berpartisipasi.

Jadi, mari bersama-sama mendukung berjalannya Merdeka Belajar ini agar kualitas lulusan Perguruan Tinggi Indonesia semakin baik.

Tentunya, semua untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan Indonesia guna mencetak lulusan sesuai kebutuhan dunia profesional.

Merdeka belajar dapat diterapkan untuk pendidikan berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia. Tentu jika ada partisipasi oleh semua agen perubahan.

Agen perubahan itu ialah:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X