Kompas.com - 29/07/2020, 13:31 WIB
Ilustrasi. shutterstock.comIlustrasi.

KOMPAS - Orang Jepang terkenal dengan etos kerja yang tinggi, kehidupan yang sehat serta karier yang cemerlang. Ternyata, semua itu berkaitan dengan konsep hidup Ikigai.

Merangkum laman Instagram platform pendidikan Sekolah.mu, Ikigai merupakan gabungan dari kata "Iki" yang berarti kehidupan dan "Gai" yang berarti nilai.

Sehingga, Ikigai memiliki arti memiliki alasan untuk hidup, memiliki nilai-nilai kebahagiaan, memiliki hal-hal yang membuat kamu melangkah maju ke masa depan.

Konsep Ikigai akan tercapai bila seseorang memiliki passion, mission, vocation dan profession. Berikut penjelasan Sekolah.mu:

Baca juga: Minta Maaf, Nadiem Berharap Muhammadiyah, NU dan PGRI Kembali ke POP

Konsep IkigaiDok. Sekolahmu Konsep Ikigai

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Passion

Ketika kamu memiliki hal yang disukai (himpunan kuning) dan hal yang bisa kamu lakukan (himpunan hijau), maka arsiran yang terbentuk adalah passion.

Misalnya kamu suka berbagi inspirasi melalui video dan kamu mampu editing video, maka itu adalah passion kamu.

2. Profession

Ketika kamu memiliki hal yang kamu bisa (himpunan hijau) dan kamu dibayar karena kemampuan tersebut (himpunan biru). Maka, hal tersebut adalah profesimu.

Misalnya, kamu bisa memberikan inspirasi melalui video, maka salah satu profesi yang bisa dipilih ialah sebagai vlogger.

Baca juga: Dana KJP Plus Bulan Juli Cair Hari Ini, Berikut Jadwalnya

3. Vocation

Ketika kamu melakukan sesuatu demi kebutuhan banyak orang (himpunan merah muda) dan kamu dibayar untuk melakukannya (himpunan biru). Maka, hal tersebut dapat disebut sebagai vocation atau keahlian.

Misalnya, kamu memiliki keahlian sebagi content creator dan kamu menyajikan content yang bermanfaat bagi banyak orang di sebuah perusahaan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.