Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal dan Cara Daftar Jalur SKM-IUP di ITS Surabaya

Kompas.com - 30/07/2020, 08:44 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Selain pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), ada jalur lain untuk masuk di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Yakni jalur masuk program sarjana melalui Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM) serta International Undergraduate Program (IUP).

Pada sosialisasi jalur SKM dan IUP, Direktur Kependidikan ITS, Dr. Eng Siti Machmudah, ST. M.Eng., menjelaskan bawah saat ini ITS menyediakan 77 program studi (prodi) dalam berbagai jenjang.

Baca juga: Ikut UTBK di ITS, Pemegang KIP Kuliah Jatim Gratis Rapid Test

Di ITS ada 8 prodi program vokasi, 32 prodi program sarjana, 21 prodi program magister, serta 16 prodi program doktoral.

Sementara itu, ada pula 40 departemen yang terbagi dalam 7 fakultas siap menerima calon mahasiswa baru di Tahun Ajaran 2020/2021.

"Tujuh fakultas itu adalah Fakultas Scientics, Indsys, Civplan, Martech, Electics, Creabiiz dan Vocation," ujarnya dikutip dari laman ITS, Kamis (30/7/2020).

Berkas nilai tetap sama

Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Admisi ITS, Dr. Eng Unggul Wasiwitono, ST.,M.Eng.Sc., menambahkan, untuk masuk departemen dalam fakultas itu, ITS membuka empat jalur masuk sarjana, yakni SNMPTN, SBMPTN, SKM, dan IUP.

"Sejauh ini, dua jalur masuk yang telah berjalan yaitu SNMPTN dan SBMPTN. Untuk jalur masuk SKM dan IUP sudah kami mulai," kata Unggul.

Pada jalur masuk SKM, sebenarnya merupakan dua jalur yang berbeda. Sebab, program mandiri diperuntukkan bagi seluruh siswa dari masyarakat umum yang berminat.

Sedangkan, program kemitraan hanya diperuntukkan bagi siswa utusan instansi mitra yang mempunyai nota kesepahaman dengan ITS.

"Namun, untuk berkas nilai yang dilampirkan calon peserta tetap sama antara kedua program tersebut," jelasnya.

Untuk prosedur pendaftaran SKM dan IUP bisa diakses melalui laman https://smits.its.ac.id/. Hanya saja, untuk jalur kemitraan, instansi mitra yang bersangkutan wajib mengirimkan rekap calon peserta SKM yang direkomendasikan kepada Wakil Rektor I ITS.

Rekap itu dikirim melalui email wr1@its.ac.id, serta tembusan kepada Kasubdit Admisi ITS melalui email kasubdit.admisi@its.ac.id.

"Kami menyarankan calon peserta untuk langsung login setelah melakukan pembayaran. Agar jika ada kendala dapat langsung ditangani," ungkap dosen Departemen Teknik Mesin ITS ini.

Jadwal pendaftaran

Sedangkan pendaftaran jalur masuk SKM akan dibuka pada 3-22 Agustus 2020. Setelah itu, calon peserta akan melewati Tes Kemampuan Akademik (TKA) ITS yang dilaksanakan secara daring.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com