Ikut UTBK di ITS, Pemegang KIP Kuliah Jatim Gratis Rapid Test

Kompas.com - 06/07/2020, 10:53 WIB
Peserta UTBK di ITS mengantre ikut rapit test gratis. DOK.ITSPeserta UTBK di ITS mengantre ikut rapit test gratis.
|

KOMPAS.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS) memberikan layanan rapid test Covid-19 secara gratis bagi pemegang KIP Kuliah.

Hanya saja, layanan rapid test gratis ini diberikan bagi pemegang KIP Kuliah dan berdomisili di Jawa Timur ( Jatim), selain Surabaya.

Hal ini dilakukan terkait Surat Wali Kota Surabaya yang mewajibkan para peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK) menunjukkan hasil rapid test.

Baca juga: UTBK 2020 ITS Siap Digelar, Peserta Wajib Terapkan Protokol Kesehatan

Menurut Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS Prof. Dr. Ir. Adi Soeprijanto MT, bantuan ini didasari atas banyaknya peserta yang tidak mampu atau peserta program Bidikmisi/KIP Kuliah yang tidak mempunyai biaya untuk melakukan rapid test Covid-19.

Kerja sama dengan Pemprov Jatim

Karenanya, ITS bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) untuk memberikan rapid test secara gratis bagi mereka.

"Alhamdulillah ternyata Pemprov Jatim bersedia bekerja sama dengan ITS," ujar Prof. Adi seperti dikutip dari laman ITS, Minggu (5/7/2020).

Tak hanya Pemprov Jatim, ITS juga bekerja sama dengan dokter dari Dinas Kesehatan Provinsi Jatim dalam melakukan rapid test ini.

Nantinya, kegiatan ini akan dilaksanakan di Gedung KPA Plasa dr Angka ITS selama empat hari. Untuk layanan gratis ini diutamakan untuk para peserta UTBK khusus wilayah Jatim, kecuali Surabaya, yang mengikuti gelombang pertama.

"Sebab yang paling mendesak adalah mereka yang mengikuti UTBK gelombang pertama ini," tegasnya.

Adapun pelaksanaan rapid test ini dimulai sejak Sabtu (4/7/2020) hingga Selasa (7/7/2020). Pihaknya memberi saran pada peserta UTBK tersebut agar melakukan rapid tes sehari sebelum pelaksanaan UTBK.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X