Akademisi IPB: Ini Manfaat Konsumsi Pangan Lokal

Kompas.com - 04/08/2020, 12:07 WIB
Ilustrasi Makanan Sehat Dok. Berbagai SumberIlustrasi Makanan Sehat
|

KOMPAS.com - Gaya hidup moderen saat ini membawa perubahan besar disegala hal. Tak terkecuali masalah pola konsumsi pangan masyarakat juga berubat.

Kini, banyak masyarakat yang mengonsumsi pangan instan. Padahal makanan instan mengandung zat lemak yang tinggi yang bisa menyebabkan kelebihan kolesterol.

Sedangkan mengonsumsi pangan tradisional yang beraneka ragam sudah mulai menurun. Padahal pangan ini biasanya kaya dengan kandungan gizi yang seimbang.

Baca juga: Akademisi IPB Bagikan Tips Budidaya Tanaman Obat saat Pandemi

"Konsumsi pangan instan mengandung tinggi lemak terutama lemak jenuh, kolesterol dan rendah serat meningkat," ujar Prof. Clara Meliyanti Koesharto, Guru Besar IPB University bidang Pangan dan Gizi seperti dikutip dari laman IPB, Selasa (4/8/2020).

Karena konsumsi pangan instan itu bisa menyebabkan terjadinya permasalahan kesehatan seperti penyakit obesitas, hipertensi, diabetes dan sindrom metabolik lain.

Manfaatkan pangan sehat

Untuk upaya antisipasi bisa dilakukan dengan memanfaatkan pangan yang menyehatkan dalam jumlah cukup dengan menjaga kondisi lingkungan tetap baik.

Dijelaskan, Indonesia memiliki kekayaan dan keanekaragaman ekosistem pangan. Tidak kurang dari 200 jenis tumbuhan biji dan kacang, 450 jenis buah dan 250 jenis sayur-sayuran.

Begitu juga dengan sumberdaya laut yang memiliki keanekaragaman yang tinggi. Di laut juga terdapat sumber daya pangan yang kaya akan gizi.

Jumlah koleksi sumberdaya genetik, badan penelitian dan pengembangan pertanian mencatat, tanaman pangan yang tercatat saat ini adalah sebanyak 5.529.Terdiri 584 buah, bahkan terdapat 4.438 sayur-sayuran.

"Potensi ini bisa dimaksimalkan lagi dengan riset dan implementasi dalam bentuk kebijakan dan pengembangan produk lokal," jelas Prof. Clara.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X