Orangtua dan Anak, Simak Panduan Cerdas Cegah Kekerasan Seksual #1

Kompas.com - 05/08/2020, 08:48 WIB
Info cerdas cegah kekerasan seksual #1. Tangkapan layar Instagram Sahabat Keluarga KemendikbudInfo cerdas cegah kekerasan seksual #1.
|

KOMPAS.com - Sejak dulu, pelecehan atau tindak kekerasan seksual sudah ada di dunia nyata. Bahkan dengan kecanggihan teknologi saat ini tindakan itu bisa terjadi di dunia maya.

Karena itu, penting sekali bagi orang tua dan anak bahkan masyarakat umum mengetahui apa itu pelecehan, kekerasan, dan eksploitasi seksual.

Melansir akun resmi Instagram Sahabat Keluarga Kemendikbud RI, Selasa (4/8/2020), berikut ini dijelaskan info bagi orang tua dan anak mengenai Cerdas Cegah Kekerasan Seksual seri #1:

1. Kekerasan seksual:

Tindakan pemaksaan atau bujukan pada anak untuk melakukan segala bentuk sentuhan fisik di area dada, kelamin, anus, dan anggota tubuh lainnya.

Baca juga: 5 Tips Mengajarkan Anak Membaca Sejak Dini

Atau dengan memasukkan, menyentuh alat kelamin sendiri atau orang lain yang menimbulkan ketidaknyamanan atau rasa sakit.

2. Pelecehan seksual:

Tindakan, ucapan, sentuhan dan sikap yang membuat kamu tidak nyaman yang bersifat seksual.

3. Eksploitasi seksual:

Tindak pidana dimana pelaku bisa orang dewasa atau anak yang memanfaatkan kamu secara seksual untuk keuntungan materiil bagi dirinya.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X