Begini Ungkapan Dirgahayu RI yang Salah dan Benar dari Kemendikbud

Kompas.com - 05/08/2020, 05:15 WIB
Seperti ini ungkapan Dirgahayu RI yang salah dan yang benar dari Kemendikbud. Tangkapan layar akun Instagram KemendikbudSeperti ini ungkapan Dirgahayu RI yang salah dan yang benar dari Kemendikbud.
|

KOMPAS.com - Selama ini, banyak di antara masyarakat yang belum paham dengan berbagai istilah atau penulisan yang benar.

Terlebih lagi, pada bulan Agustus ini ada hari yang paling spesial bagi bangsa Indonesia dan dirayakan setiap tanggal 17.

Agustus pasti identik dengan hari ulang tahun ( HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Biasanya, pasti ada ungkapan " dirgahayu".

Baca juga: Cara Daftar Kihajar STEM bagi Siswa SD-SMK

Namun, bagaimana ungkapan dirgahayu yang benar? Apa itu dirgahayu?

Melansir akun resmi Instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud), Selasa (4/8/2020), berikut ini penjelasannya.

Harapannya, masyarakat mulai dari siswa, mahasiswa, hingga masyarakat umum bisa benar ketika memberikan ungkapan dirgahayu kepada bangsa Indonesia ini.

Simak beberapa ungkapan yang biasa diucapkan atau ditulis di masyarakat. Seperti ini yang salah dan yang benar:

Salah: Dirgahayu HUT RI
Benar: Dirgahayu Republik Indonesia

Salah: Dirgahayu RI ke-75
Benar: Dirgahayu RI

Salah: Dirgahayu Kemerdekaan Kita ke-75
Benar: Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X