Yuk Mengenal Wayang Punakawan, Banyak Pesan Bermanfaat

Kompas.com - 06/08/2020, 09:12 WIB
Wayang Punakawan Semar. Tangkapan layar Instagram Museum Nasional IndonesiaWayang Punakawan Semar.
|

KOMPAS.com - Negara Indonesia yang begitu luas dan padat penduduk juga menjadi negara dengan penganut Islam terbesar di dunia.

Meski peradaban Islam di Indonesia dapat dikatakan masih terbilang muda, namun Islam mampu berkembang pesat di Indonesia.

Salah satu penyebab perkembangan itu tentu karena jasa para ulama yang dikenal dengan nama Wali Songo atau Sembilan Wali Allah.

Baca juga: Siswa Sekolah, Yuk Belajar Wayang secara Virtual dari Kemdikbud

Merangkum akun resmi Instagram Museum Nasional Indonesia, ada unggahan menarik di akun tersebut. Yakni mengenai tokoh pewayangan.

Dimodifikasi oleh Wali Songo

Tapi sebelum membahas wayang, dijelaskan terlebih dahulu mengenai Wali Songo. Dimana para wali menggunakan berbagai pendekatan agar agama Islam dapat diterima oleh penduduk Nusantara.

Secara khusus yang mendiami Pulau Jawa pada masa lampau. Salah satu metode dakwah yang dilakukan adalah pendekatan melalui seni pewayangan yang dilakukan Sunan Kalijaga.

Pada masa lalu, masyakarat tradisional Jawa sangat menggemari pagelaran seni wayang kulit. Pada umumnya, cerita yang disajikan pada lakon wayang kulit berkaitan dengan budaya Hindu Jawa.

Akan tetapi Sunan Kalijaga memodifikasi dan membuat cerita dan karakter pewayangan yang baru sebagai media dakwah agama Islam yaitu Wayang Punakawan.

Ada empat sosok yang memiliki karakter yang berbeda namun sarat akan nilai-nilai agama Islam. Untuk ceritanya juga menarik dan memiliki sifat masing-masing.

Tentu semua pesan yang baik itu bisa menjadi teladan bagi siswa sekolah, mahasiswa juga masyarakat umum.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X