Kompas.com - 11/08/2020, 08:00 WIB
Tiara Yosianti Solekhah (17) saat sedang belajar di rumahnya (Foto dokumentasi Humas UGM) KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMATiara Yosianti Solekhah (17) saat sedang belajar di rumahnya (Foto dokumentasi Humas UGM)

KOMPAS.com - Keterbatasan ekonomi tak mematahkan impian Tiara Yosianti Solekhah (17) untuk bisa melanjutkan ke pendidikan tinggi di salah satu kampus terbaik Indonesia Universitas Gadjah Mada (UGM).

Tiara yang merupakan anak bungsu dari Mujiono (55) dan Sumiyati (61) berhasil diterima kuliah di Jurusan Statistik FMIPA UGM tanpa tes bahkan dibebaskan biaya kuliah hingga usai.

Sang ayah bekerja sebagai buruh bangunan dengan penghasilan sekitar Rp 550 ribu per bulan dan menjadi satu-satunya tulang punggung keluarga.

Baca juga: Cerita Sukses Andri Lolos SBMPTN UGM, Tanpa Predikat Juara Kelas

“Ayah kerja jadi buruh bangunan yang kerjanya tergantung proyek. Jadi, kalau ada proyek ya baru kerja,” papar Tiara seperti dilansir dari laman UGM, Senin (10/8/2020).

Kondisi keluarga kian berat karena sang kakak mengidap gangguan jiwa sejak 10 tahun terakhir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sering merasakan berat, terutama saat ayah tidak bekerja dan kakak “kumat” sehingga kondisi di rumah tidak karuan. Sedih dan akhirnya jadi tidak bisa konsentrasi belajar maupun beraktivitas,”ungkap alumnus SMA 8 Yogyakarta ini.

Namun, di tengah keterbatasan, Tiara yakin bahwa Tuhan tidak pernah mengabaikan umatnya yang terus berusaha. Di setiap kesulitan yang muncul, ia selalu yakin, pasti akan ada jalan keluar.

“Sesungguhnya di setiap kesulitan itu ada kemudahan, QS. Al Insyirah:6. Itu yang selalu saya jadikan pegangan untuk selalu mengingat Allah dan tidak pernah putus asa,” katanya.

Baca juga: Pendaftaran Jalur Mandiri UGM Segera Tutup, Ini Syarat dan Cara Daftar

Kuliah demi kehidupan yang lebih baik

Meski hidup dalam kondisi penuh keterbatasan, Tiara terus bertahan dan berjuang demi menggapai impiannya untuk bisa kuliah dan menjadi sarjana.

Menurutnya, menuntut ilmu hingga perguruan tinggi sangat penting karena menjadi bekal masa depan mewujudkan kehidupan yang lebih baik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.