Akademi Ritel Gramedia Kembali Dibuka, Buka Akses Lulusan untuk Kerja

Kompas.com - 11/08/2020, 21:22 WIB
Flyer digital Akademi Ritel Gramedia (ARG) Gelombang 12 DOK. ARGFlyer digital Akademi Ritel Gramedia (ARG) Gelombang 12

KOMPAS.com - Akademi Ritel Gramedia (ARG) merupakan pendidikan dan pelatihan tenaga ritel yang diselenggarakan Gramedia. Model pelatihan ARG terdiri atas pemahaman konsep dan praktik kerja.

Pendidikan di ARG ditempuh dalam tiga bulan, terdiri dari satu bulan kelas online dan dua bulan magang. Pada saat magang, mahasiswa akan memperdalam ilmu ritel yang sebelumnya sudah dipelajari di kelas online.

Mahasiswa langsung mempraktikan ilmu ritel dalam kegiatan magang dan didampingi oleh mentor.

Contoh ilmu ritel yang langsung diaplikasikan pada saat magang, yaitu layanan pelanggan.

Seperti yang dilakukan mahasiswa ARG Batch 11 asal Sukabumi, Muhamad Irpan Iskandar. Saat magang di Gramedia Sukabumi Surya Kencana, Irpan belajar bagaimana cara membantu pelanggan mencari buku sesuai kebutuhan.

Baca juga: Ini Dia, Makcomblang Pernikahan Massal Vokasi dan Industri

Contoh pembelajaran ritel lain datang dari mahasiswa ARG Batch 11 asal Tangerang, Arie Zulkarnaen.

Flyer digital Akademi Ritel Gramedia (ARG) Gelombang 12DOK. ARG Flyer digital Akademi Ritel Gramedia (ARG) Gelombang 12
Di Gramedia World Emerald Bintaro, Arie melakukan wrapping buku-buku sebelum didisplay di rak buku. Melalui wrapping buku, Arie belajar menggunakan pemanas plastik untuk memperbaiki kemasan buku.

Melalui program magang, ARG menghasilkan lulusan cakap dan memiliki kompetensi. Hal ini dapat dicapai karena selama magang, mahasiswa bekerja layaknya staff frontliner di tempat magang tersebut.

Selain itu, magang di ARG juga membuka akses bagi lulusan untuk bekerja di Gramedia dan perusahaan-perusahaan ritel yang sudah bekerja sama dengan ARG.

Serunya lagi, pendidikan di ARG bisa diikuti lulusan SMK atau SMA sederajat di seluruh Indonesia. Pelatihan ini dapat dimungkinkan karena kelas menggunakan metode online dan praktik magang dilakukan di jaringan Gramedia Store seluruh Indonesia.

Saat ini ARG kembali membuka ARG Batch 12. Informasi lengkap dapat mengunjungi laman resmi https://gramediaacademy.com/program/akademi-ritel atau melalui pesan langsung (DM) Instagram @akademiritelgramedia

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X