Aktuaria Tertinggi Kedua dan Keempat Nilai UTBK 2020, Yuk Kenali Prodi Ini

Kompas.com - 15/08/2020, 14:47 WIB
Info prodi dengan nilai UTBK tertinggi pada SBMPTN 2020, Aktuaria di posisi kedua dan keempat. Tangkapan layar Zoom KemendikbudInfo prodi dengan nilai UTBK tertinggi pada SBMPTN 2020, Aktuaria di posisi kedua dan keempat.
|

KOMPAS.com - Sama seperti tahun lalu atau pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019, Jurusan Aktuaria masuk 10 besar nilai UTBK tertinggi.

Pada SBMPTN 2020, Aktuaria kembali masuk 10 besar, yakni menduduki tempat kedua sebagai Prodi Saintek dengan nilai UTBK tertinggi pada SBMPTN 2020.

Prodi Ilmu Aktuaria Universitas Gadjah Mada ( UGM) menduduki peringkat kedua. Bahkan, Prodi Aktuaria dari Universitas Indonesia ( UI) juga menduduki posisi keempat.

Baca juga: 10 Prodi Saintek dengan Nilai UTBK Tertinggi di SBMPTN 2020

Hasil itu berdasarkan yang diumumkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT) pada Konferensi Pers Pengumuman Hasil SBMPTN 2020 secara virtual, Jumat (14/8/2020) siang.

Namun, apakah jurusan ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat? Melansir laman Rencanamu.id, jurusan S1 Aktuaria baru muncul di beberapa perguruan tinggi negeri mulai 2017.

Bahkan jurusan ini juga langsung mendominasi jurusan dengan passing grade nilai UTBK tertinggi di bidang Sains dan Teknologi (Saintek), berdasarkan data SBMPTN 2019 serta SBMPTN 2020.

Lantas, seperti apa Jurusan Aktuaria? Apa yang dipelajari dan apa potensi kerja setelah lulus? Berikut penjelasan dari Rencanamu.id.

Penjelasan Aktuaria

Jurusan Aktuaria mempelajari bidang matematika yang juga sering disebut sebagai "Matematika Asuransi". Jurusan Aktuaria berada di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA).

Sedangkan Ilmu Aktuaria adalah ilmu tentang asuransi alias pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang.

Jika kamu ambil jurusan ini, maka akan mendapat mata kuliah yang merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X