Kompas.com - 27/08/2020, 09:19 WIB
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam Dok. KemendikbudDirektur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam
|

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud menandatangani nota kesepahaman bersama Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dan Kadin (Kamar Dagang Indonesia) DKI Jakarta, Selasa (25/8/2020).

Tujuannya sebagai salah satu upaya membangun kolaborasi dengan semua pemangku kepentingan dalam membangun ekosistem reka cipta di tanah air.

Serta mendorong peran serta dunia industri dalam mendukung para inovator di perguruan tinggi. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong pengembangan sebuah platform yang menjembatani ekosistem rekacipta.

Baca juga: Ini Upaya Ditjen Dikti bagi Mahasiswa di Daerah 3T saat Pandemi

Hal ini juga merupakan salah satu cara merangkul dunia pendidikan dengan mitra industri dan organisasi profesi dalam sebuah kerjasama pentahelix.

Sinergi perguruan tinggi-industri

Dalam sambutannya, Dirjen Dikti, Prof. Nizam menyatakan kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi menjadi momentum peningkatan keterkaitan hubungan antara pihak inovator (perguruan tinggi) dan investor (industri).

"Lebih dari 1.000 inovasi berbentuk teknologi dan obat diciptakan oleh perguruan tinggi dan pihak investor turut mendukung produksi berbagai alat tersebut," ujar Prof. Nizam seperti dikutip dari laman Ditjen Dikti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikatakan, kondisi pandemi Covid-19 menyadarkan pada tiga hal, yakni:

1. Kenyataan disrupsi yang mengglobal sehingga membutuhkan adaptasi untuk bertransformasi digital.

2. Peningkatan penemuan reka cipta perguruan tinggi pada dua bulan terakhir selama masa pandemi covid-19.

3. Fakta bahwa disrupsi mampu mengubah keterbatasan menjadi peluang untuk menciptakan reka cipta yang dirasa tidak mungkin dilakukan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.