Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Upaya Ditjen Dikti bagi Mahasiswa di Daerah 3T saat Pandemi

Kompas.com - 24/08/2020, 08:39 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Wilayah negara Indonesia sangat luas. Ada yang di daerah perkotaan, tetapi ada pula yang berada di daerah pelosok. Bahkan masih ada daerah yang tertinggal.

Pada masa pandemi Covid-19 ini, mahasiswa harus kuliah dari rumah. Tetapi, bagaiamana bagi mahasiswa yang berada di wilayah 3T? Bagaimana pembelajaran jarak jauh bagi mereka?

Karena itu, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud, Nizam mengupayakan bantuan perangkat pembelajaran untuk membantu mahasiswa di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) dalam mengakses pembelajaraan jarak jauh.

Baca juga: Ditjen Dikti: Mahasiswa Didorong Sukseskan Merdeka Belajar

Kerja sama berbagai pihak

Dikatakan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) telah melakukan berbagai koordinasi dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak.

Tentu terkait penyediaan akses layanan internet maupun penyediaan platform pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring.

"Kami upayakan berbagai bentuk dukungan sebagai upaya menyukseskan pelaksanaan pembelajaran daring dengan menjalin kerja sama dan koordinasi dengan berbagai pihak," ujar Nizam seperti dikutip dari laman Kemendikbud, Rabu (19/8/2020).

Berbagai pihak itu antara lain Kementerian Kominfo, penyedia jasa internet serta content providers nasional maupun internasional.

Selain itu juga menyiapkan platform pembelajaran (Learning Management System) yang dapat digunakan secara gratis oleh perguruan tinggi.

Sedangkan terkait daerah 3T, Nizam menyatakan bahwa Ditjen Dikti mengupayakan berbagai dukungan yakni dengan melakukan sinergi.

Sinergi itu dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo untuk penyediaan infrastruktur dan layanan akses internet di daerah 3T.

Bantu mahasiswa di daerah 3T

Selain itu Nizam juga sedang berupaya memberikan bantuan kepada mahasiswa di daerah 3T berupa pulsa untuk akses pembelajaran daring dan perangkat pembelajaran berupa tablet.

Sementara itu bagi dosen, pihaknya juga mempersiapkan kapasitas dosen dalam pelaksanaan pembelajaran daring.

Berbagai pelatihan dan modul pembelajaran telah disiapkan untuk digunakan dalam pembelajaran daring tahun akademik 2020/2021.

Baca juga: Mahasiswa Vokasi Dapat Bantuan Program Kewirausahaan dari Kemendikbud

"Selama masa libur semester ini kami mempersiapkan berbagai pelatihan dan modul untuk dosen agar pembelajaran daring semester yang akan datang bisa berjalan lebih baik," katanya.

"Pelatihan yang berakhir pada 14 Agustus lalu diikuti lebih dari 100.000 dosen dan mahasiswa," imbuh Nizam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com