Kompas.com - 07/09/2020, 05:12 WIB
Ilustrasi anak bermain shutterstockIlustrasi anak bermain
|

KOMPAS.com - Biasanya, anak kecil sering bertanya apa ini apa itu. Terkadang juga bertanya kenapa begini atau kenapa begitu. Bahkan tak jarang anak suka membongkar mainannya.

Bagi orang tua, jangan khawatir. Sebab, seorang anak pada dasarnya secara kodratinya merupakan Ilmuwan. Banyak bertanya itulah naluri sebagai ilmuwan mulai tumbuh.

"Ketika anak banyak bertanya atau mencoba membongkar mainan yang dimiliki seyogyanya orang tua tidak melarang apalagi memarahi," ujar Ella Yulaelawati, Ketua dan pendiri Yayasan Rumah Komunitas Kreatif seperti dikutip dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud.

Baca juga: 15 Tips Praktis Orangtua Dampingi Anak Bermain di Rumah

Dampingi dan arahkan anak

Menurut Ella, orang tua harus memerdekakan anak sejak usia dini agar berpikir kreatif, kritis dan solutif. Jadi, dampingi dan arahkan sehingga sang anak dapat belajar serta memahami apa yang sedang dilakukan.

Tak hanya itu saja, orang tua hendaknya tidak serta merta melarang sebab akan membunuh daya kreasi seorang anak usia dini untuk tertarik dengàn fenomena yang terjadi.

Jadi, sikap-sikap ilmuwan yang perlu ditumbuhkan, dijaga, dan dikembangkan sejak usia dini antara lain:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rasa ingin tahu yang besar. Terlibat dalam kegiatan sains, yakni mampu mendiskusikan temuannya dengan teman-temannya.

Menganalisa masalah dengan menggunakan sains, dan memahami konsep, berupa mampu menjelaskan dan meramalkan konsep yang ditemukan dalam kosa kata dan kalimat ilmiah.

Metode pembelajaran STEM/A

Adapun salah satu metode pembelajaran yang mendukung tumbuhnya potensi ilmuwan itu adalah STEM/A (Science, Technology, Engineering, Mathematic and Art).

Dijelaskan, metode STEMA/A dalam pendidikan bagi anak usia dini sangat penting sebagai dasar anak yang wajib diketahui oleh orang tua, para guru, maupun calon tenaga pendidik lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.