Presiden Jokowi Sambut Mahasiswa Baru UGM 2020, Ini Pesannya

Kompas.com - 07/09/2020, 16:21 WIB
Presiden Jokowi saat membuka PPSMB UGM 2020 secara daring, Senin (7/9/2020). Tangkapan layar Instagram UGMPresiden Jokowi saat membuka PPSMB UGM 2020 secara daring, Senin (7/9/2020).
|

KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo ( Jokowi) secara resmi membuka Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) Universitas Gadjah Mada ( UGM) 2020 secara daring, Senin (7/9/2020).

Dihadapan sebanyak 9.068 mahasiswa baru, Presiden Jokowi memberikan beberapa pesan saat menyampaikan orasi kebangsaannya.

"Selamat menjadi Gadjah Mada muda. Saya tahu perjuangan untuk diterima di perguruan tinggi ternama itu tidak mudah, ada persaingan yang ketat, dan Saudara-saudara adalah orang-orang yang terpilih," ungkap Jokowi seperti dikutip dari laman UGM.

Baca juga: Begini 5 Cara Aman Bersepeda Saat Pandemi dari Pakar UGM

Kesempatan emas untuk belajar

Presiden menyampaikan bahwa status sebagai mahasiswa dan kesempatan untuk belajar di perguruan tinggi ternama adalah sebuah kesempatan emas untuk belajar.

Disamping itu, di kampus juga untuk membangun kepemimpinan dan jaringan, serta untuk mempersiapkan masa depan yang baik.

Diceritakan presiden bahwa ia menjadi mahasiswa baru UGM 40 tahun yang lalu. Menjadi mahasiswa berarti membuka kesempatan luas untuk memperkokoh ke-Indonesiaan.

Tentu melalui pertemanan dengan orang-orang dari seluruh pelosok tanah air Indonesia yang berbeda suku, agama, adat dan tradisi, tapi tetap merasa satu, yaitu Indonesia.

"Saya selalu memegang teguh apa yang diperoleh ketika kuliah di UGM. Bahwa menjadi mahasiswa UGM harus berprestasi menjulang tinggi, tapi tidak boleh melupakan akarnya," kata Jokowi.

Apa akar yang dimaksud Jokowi? Ternyata, akarnya adalah kerakyatan, kecintaan kepada rakyat, kepada bangsa dan negara.

Mahasiswa harus kreatif dan inovatif

Seiring dengan kemajuan zaman, Presiden Jokowi berharap pada mahasiswa baru UGM untuk menjadi mahasiswa yang kreatif dan inovatif.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X