Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/09/2020, 13:36 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Anak-anak tentunya suka bermain. Dengan bermain, anak bisa belajar banyak hal, salah satunya dapat mengembangkan bahasa lisannya.

Tetapi, bagaimana caranya agar kegiatan bermain bisa membuat anak pintar bicara? Apa yang bisa dilakukan oleh orangtua?

Merangkum laman Ruang Guru PAUD Kemendikbud, berikut ini kegiatan bermain dengan anak usia dini yang dapat mengembangkan bahasa lisan mereka:

1. Bermain balok

Saat anak bermain balok, maka ada banyak hal yang bisa diperolehnya. Orang tua bisa membandingkan, menjelaskan, lalu mengembangkan kemampuan kosa kata yang berkaitan dengan berbagai bentuk.

Baca juga: Anak Suka Bertanya? Itu Naluri Ilmuwan Mulai Tumbuh

Misal bentuk bangunan, menara, jembatan atau struktur alam seperti pohon, batu dan gunung. Ini untuk belajar kosakata tentang struktur.

Bermain mengembangkan bahasa ketika anak-anak berbicara bersama Anda, membandingkan, menjelaskan dan memberi nama pada struktur-struktur yang telah diciptakan oleh mereka.

2. Bermain drama

Coba gunakan pakaian, aksesoris, nyanyian, tarian yang dapat mendramakan suatu cerita sehingga disukai anak.

Bermain seperti ini, melibatkan anak dalam mengalami pelibatan bahasa dan membantu mereka mengerti perlunya membaca untuk memahami sesuatu.

Baca juga: 6 Tanda Anak Cerdas Secara Emosional dan Cara Mengoptimalkannya

3. Menyanyi bersama anak

Musik dan nyanyian adalah hal yang penting dalam mengembangkan pengenalan bunyi dan suara, khususnya yang digunakan untuk mengucapkan huruf.

Selain itu menyanyikan lagu yang memuat irama dan cerita dapat membantu anak untuk mempelajari huruf baru sebagaimana mereka memahami irama dan isi lagu.

Hal itu juga membantu untuk mengembangkan kemampuan anak dalam mencipta isi dan lagu sendiri.

Banyak anak-anak secara alami tertarik untuk bergumam atau menyanyikan lagu. Hal itu juga bermanfaat untuk membangun ketertarikan anak terhadap musik dan meningkatkan perkembangan keaksaraan anak pada waktu yang sama.

Hal ini dapat dilakukan dengan bermain permainan lagu alphabet dengan anak dengan mencari benda-benda misalnya yang dimulai dengan huruf "B" bola, boneka, bunga dan seterusnya. Orangtua dapat membantu mereka untuk menjelaskan kosakata yang disebutkan anak-anak.

Baca juga: Terkenal Disiplin, Begini Cara Orangtua Jepang Mendidik Anak

4. Bermain dengan permainan sendiri

Hal ini bisa dilakukan misalnya dengan mengumpulkan benda-benda yang dimulai dengan huruf "D", misalnya daun, dadu, donat, duku, dan lain-lain.

5. Membaca bersama anak

Ketika membaca bersama anak, minta mereka menjelaskan mengenai cerita apa yang telah mereka baca. Membaca bersama-sama membantu anak untuk mengekspresikan diri mereka sendiri secara verbal.

Dari penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dapat lebih mempelajari tentang huruf dan kosakata ketika orang tua membaca bersama-sama dengan mereka. Serta meminta anak-anak untuk menceritakan cerita yang mereka baca.

Baca juga: Orangtua, Begini Pengasuhan Positif pada Anak Usia Dini

Hal ini bisa dilakukan dengan menyuruh anak-anak melihat hanya pada gambar yang ada dalam buku, bukan kata-katanya, kemudian minta mereka untuk menceritakan isi cerita berdasarkan gambar dari buku yang dibaca bersama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com