Kompas.com - 14/09/2020, 10:54 WIB
Ilustrasi guru dan siswa di sekolah Dok. Ditjen GTK KemdikbudIlustrasi guru dan siswa di sekolah

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada guru agar terus memotivasi siswa selama belajar dari rumah di tengah pandemi corona.

Menurutnya, itu merupakan hal yang penting untuk terus dilakukan. Mengingat, adaptasi pembelajaran jarak jauh (PJJ) tak terlepas dari beragam tantangan.

“Yang paling penting memang bagaimana memotivasi anak agar semangat belajar dalam masa pandemi ini tetap pada posisi yang baik,” kata Presiden saat berbincang dengan seorang guru asal Padang Rika Susi Waty, melalui panggilan video yang diunggah di saluran YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (11/9/2020), seperti dilansir dari laman GTK Kemendikbud.

Baca juga: 7 Program Prioritas Pendidikan Mendikbud Nadiem di Tahun 2021

Melalui panggilan video (video call), Jokowi juga berbincang seputar pembelajaran jarak jauh.

Dalam perbincangan itu, Presiden Jokowi bertanya soal kegiatan belajar mengajar saat pandemi corona dan meminta saran dari sang guru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Guru Rika yang juga Wakil Bidang Kesiswaan ini menjelaskan bahwa kendala PJJ ialah guru tidak mengetahui apakah siswa mampu memahami pelajaran atau tidak.

"Jujur ya pak, pembelajarannya ya pak, sejauh ini kita tetap mengajar, tetapi kita ndak bisa memantau anak itu mampu atau tidak ya, karena kita ndak bisa bertemu langsung begitu pak," curhatnya.

Baca juga: Seperti Ini Cara dan Syarat Dapatkan Kartu Indonesia Pintar

Saat Jokowi menanyakan apakah semua siswa memiliki ponsel pintar, Guru Rika pun menjelaskan bahwa tidak semua siswanya memiliki ponsel pintar untuk belajar online.

Sebagai solusinya pihak sekolah memutuskan untuk mendatangkan beberapa anak ke sekolah.

"Tidak semua pak. Yang ndak memiliki handphone kebetulan kita data betul anaknya, terus kita cek anaknya ke rumah memang tidak mampu, jadi kita fasilitasi ke sekolah pak, pakai komputer sekolah. Ada beberapa orang ndak banyak, hanya dua orang," tutur Guru Rika.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.