Dian Sastro dan MI Gelar Webinar Gratis bagi Pelajar Daerah Tertinggal

Kompas.com - 15/09/2020, 15:24 WIB
Potret Dian Sastrowardoyo. DOK. MAGNIFIQUE INDONESIA DAN YAYASAN DIAN SASTROWARDOYO Potret Dian Sastrowardoyo.

KOMPAS.com – Pergerakan dunia pendidikan mengalami perubahan dari tatap muka menjadi daring sejak pelajar dan mahasiswa harus melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Berdasarkan data dari Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) pada 2020, lebih kurang 45 juta siswa di Indonesia tidak dapat bersekolah karena pandemi Covid-19.

Sekitar 60 persen orang Indonesia tidak punya akses terhadap internet. Data tersebut diperoleh oleh ISEAS-YUSOF Ishak Institute dan menjadi salah satu penyebab siswa bisa kehilangan akses pendidikan dan pembelajaran saat pandemi.

Baca juga: Guru, Kemendikbud Gelar Webinar Pembelajaran Adaptif di Masa Pandemi

Terkait keterbatasan akses, Yayasan Dian Sastrowardoyo dan Magnifique Indonesia (MI) melihat mahasiswa ataupun pelajar tidak mendapat kesempatan yang sama untuk membekali dan menginspirasi diri lewat web seminar.

“Terbersit pertanyaan, bagaimana jika selama era pandemi ini kegiatan tersebut (seminar) menjadi sangat terbatas. Sementara mereka masih memiliki kebutuhan untuk terus membekali diri dengan berbagai bakat dan ilmu,” ujar Managing Partner MI Arifaldi Dasril pada Jumat (14/9/2020).

Maka dari itu, MI dan Yayasan Dian Sastrowardoyo mengadakan web seminar gratis bagi pelajar dan mahasiswa selama pandemi Covid-19, khususnya yang berada di daerah kurang terjangkau dan terfasilitasi.

Selain gratis, web seminar bernama M-Class ini juga akan membekali kuota data tambahan untuk peserta yang mengikutinya.

Kolaborasi untuk pendidikan

Demi memajukan pendidikan Indonesia di masa pandemi, MI bersama Yayasan Dian Sastrowardoyo akan menggandeng berbagai pembicara yang membawakan tema berbeda-beda.

Menyesuaikan dengan jurusan kampus yang dituju, MI dan Yayasan Dian Sastrowardoyo akan mengangkat topik-topik seputar industri film, kewirausahaan, digital, fashion, broadcasting, jurnalisme, kehumasan, komunikasi, kesehatan, dan lain-lain.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X