Kemendikbud: Ini 3 Aspek Membentuk Karakter Seseorang dan Upayanya

Kompas.com - 16/09/2020, 07:49 WIB
Jumeri memberikan statemen dalam rangka penyelenggaraan Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) Tahun 2020 secara virtual, Jumat (4/9/2020). Tangkapan layar Zoom KemendikbudJumeri memberikan statemen dalam rangka penyelenggaraan Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) Tahun 2020 secara virtual, Jumat (4/9/2020).
|

KOMPAS.com - Di abad ke-21, ada banyak perubahan dan perkembangan. Terlebih di bidang teknologi dan informasi. Hanya saja, dengan kemudahan yang ada itu menjadikan generasi muda juga berubah.

Agar generasi muda tangguh dan siap menghadapi tantangan, maka lingkungan pendidikan harus menyiapkan dengan baik. Salah satunya membekali generasi muda dengan pembentukan karakter.

Pembentukan karakter itu paling tepat ada di tingkat SMP. Sebab, siswa mulai berpikir untuk menentukan dan melangkah seperti apa dirinya nanti.

Baca juga: Orangtua, Berikut 6 Manfaat Anak Dilibatkan Saat Memasak

Menurut Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, (Dirjen PAUD-Dasmen) Kemendikbud, Jumeri, siswa SMP harus dibentuk karakternya agar berakhlakul karimah, dan berkepribadian baik.

"Karena individu yang baik hanya bisa diperoleh dari lingkungan yang baik," ujar Jumeri pada kegiatan Antisipasi Tindak Kekerasan Peserta Didik Jenjang SMP Angkatan III yang berlangsung secara virtual di Jakarta, Selasa (15/9/2020) seperti dikutip dari laman Kemendikbud.

3 aspek pembentukan karakter

Dijelaskan, ada tiga aspek yang membentuk karakter seseorang, yakni:

1. Keluarga atau rumah yang memberi pengaruh sangat besar yaitu 60 persen.

2. Satuan pendidikan yang memberi pengaruh sebesar 25-30 persen.

3. Masyarakat yang memberi pengaruh sebesar 10-15 persen.

Tripusat pendidikan tersebut mempengaruhi pembinaan karakter siswa sehingga harus mendapat perhatian. Jumeri menekankan perlunya kolaborasi semua warga pendidikan untuk menciptakan lingkungan yang baik tersebut.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X