Orangtua, Berikut 6 Manfaat Anak Dilibatkan Saat Memasak

Kompas.com - 15/09/2020, 09:57 WIB
Ilustrasi ayah dan anak memasak jacoblundIlustrasi ayah dan anak memasak
|

KOMPAS.com - Selama belajar di rumah, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan anak usia dini. Tak hanya bermain yang edukatif, ternyata ada hal lain yang banyak manfaatnya.

Salah satunya dari pekerjaan rumah tangga. Apa itu? Yakni orang tua ketika sedang memasak di dapur, itu bisa menjadi media pembelajaran bagi anak selama di rumah.

Informasi dilansir dari akun Instagram Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud), Senin (14/9/2020).

Baca juga: Orangtua, Ini Tips Mengajarkan Bermain Musik dan Gerak bagi Anak

Kegiatan ini memiliki banyak manfaat untuk aspek perkembangan anak. Berikut dijelaskan beberapa manfaat melibatkan anak dalam kegiatan memasak.

1. Mengasah keterampilan hidup

Mempelajari keterampilan dasar memasak sedini mungkin dapat digunakan selama hidup yang membantu keterampilan seseorang.

Tentu untuk beradaptasi dengan baik hingga dewasa nanti dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

2. Membangun hubungan

Dapur ini juga merupakan lingkungan yang bagus bagi seluruh anggota keluarga untuk bekerja sama dan berkomunikasi.

Tak hanya itu saja, dari dapur juga dapat membangun kelekatan hubungan yang lebih baik seluruh anggota keluarga.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X