Ini Batas Akhir Pendaftaran Bantuan Kuota Internet Kemendikbud

Kompas.com - 24/09/2020, 18:21 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|

KOMPAS.com - Tak hanya bagi orang tua atau wali murid siswa SD saja, tetapi pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) juga mendapat bantuan kuota internet.

Tentu bantuan kuota internet gratis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) ini untuk menunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam masa pandemi Covid-19.

Meski sudah mulai disalurkan sejak 22 September 2020, tetapi bantuan masih terus disalurkan hingga akhir September ini.

Baca juga: Kenapa Ada Kuota Umum dan Kuota Belajar? Ini Penjelasan Kemendikbud

Batas akhir pemutakhiran

Untuk itulah, bagi satuan PAUD diharapkan segera melakukan pemutakhiran data nomor telepon guru dan orang tua wali murid yang melakukan PJJ melalui Dapodik Direktorat Jenderal PAUD Dikdasmen sebelum 28 September 2020.

Hal itu penting agar bantuan kouta internet dapat diterima oleh guru dan peserta didik PAUD melalui nomor orang tua atau wali murid.

"Kami harapkan para guru dan peserta didik PAUD melalui nomor telpon selular orang tua atau walimurid dapat segera diinput," ujar Direktur PAUD Kemendikbud, Muhammad Hasbi seperti dikutip dari laman Ruang Guru PAUD Kemendikbud, Rabu (23/9/2020).

"Batas waktunya hingga tanggal 28 September 2020 ini untuk mendapat kuota internet belajar. Semoga secepatnya hal ini dapat segera dilakukan," imbuhnya.

Agar dapat menerima bantuan kuota internet, satuan pendidikan PAUD dan Dikmas harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan terdaftar di aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Setelah itu, operator satuan pendidikan memastikan diri sudah terdaftar di Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan (http://sdm.data.kemdikbud.go.id), dan menginput data nomor ponsel pendidik dan peserta didik di aplikasi Dapodik.

Disamping itu, agar memudahkan tersedianya informasi bagi guru, siswa, mahasiswa, dan dosen, tentang bantuan kuota data internet 2020, Kemendikbud telah menyiapkan daftar laman dan aplikasi pembelajaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X