KILAS

Ini Nama-nama Pemenang Lomba Blog dan Vlog Puspeka Kemendikbud

Kompas.com - 26/09/2020, 21:12 WIB
Webinar Generasi Berkarakter Hindari Narkoba, Sabtu (26/9/2020). DOK. Dina Ayu - Puspeka KemendikbudWebinar Generasi Berkarakter Hindari Narkoba, Sabtu (26/9/2020).

KOMPAS.com – Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan pemenang Lomba Blog dan Vlog bertema Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 pada Webinar Generasi Berkarakter Hindari Narkoba, Sabtu (26/9/2020).

Puspeka Kemendikbud memilih enam pemenang untuk masing-masing kategori lomba dari 1.332 karya yang terkumpul sejak Minggu (30/8/2020) hingga Kamis (17/9/2020).

Penilaian dilakukan oleh tim juri yang terdiri dari para praktisi, ahli, internal Kemendikbud, pendiri Hello Motion Academy Wahyu Aditya, pendiri laman emak2blogger.com Mira Sahid, Wakil Ketua Umum Siberkreasi Sarie Febriane, jurnalis, dan Presidium Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Anita Wahid.

Keenam pemenang dari tiap kategori pun akan mendapat hadiah gawai. Sementara 20 peserta terbaik dari masing-masing kategori akan mendapat hadiah menarik.

Baca juga: Ajak Generasi Muda Lebih Kreatif di Masa Pandemi, Kemendikbud Gelar Lomba Blog dan Vlog

Lomba blog kategori SMP dan sederajat dimenangkan Karang Jimbaran dari Yogyakarta, juara dua Wafiyati Nida Imani dari Jawa Barat (Jabar), juara tiga Tiwi Mustika Dewi dari Lampung, juara empat Nailah Aieola Nabihah dari Jawa Tengah (Jateng), juara lima Sabriza Rosia Fatiha dari Jabar, dan juara enam Elda Arlaynika dari Lampung.

Kemudian, lomba blog kategori SMA dan sederajat dimenangkan Adelia Margareta dari Kalimantan Timur (Kaltim), juara dua Aldi Firmansyah dari Jawa Timur ( Jatim), juara tiga Muhammad Nur Ardi Handayat dari Riau, juara empat Yusholi Qoirunnisa dari Jateng, juara lima Nanda Triaini dari Jatim, dan juara enam Nasywa Feby Aulia dari Jatim.

Sementara itu, juara satu kategori Blog Pendidik diperoleh Wardi dari Kalimantan Utara, juara dua Leni Lesnawati dari Jabar, juara tiga Popi Wahyuni dari Sumatera Utara (Sumut), juara empat Novianti Islahiah dari Sumatera Selatan (Sumsel), juara lima Heni Purwono dari Jateng, dan juara enam Ahmad Ridlo Fadlli Robbi dari Jateng.

Pada kategori Blog Umum, juara satu diraih Illian Deta Arta Sari dari DKI Jakarta, juara dua Laila Sari dari Sumut, juara tiga Melati Dwi Anda Syahputri dari Lampung, juara empat Tri Mardhika Agustina Mulyanti dari Yogyakarta, juara lima Febryan Ariefand dari Jateng, dan juara enam Rizky Adinda Azizah dari Jatim.

Baca juga: Cetak Generasi Berkarakter, Kemendikbud Ajak Remaja Hindari Narkoba

Mira, salah satu juri blog kategori SMA sederajat, berharap, lomba tersebut dapat menanamkan budaya literasi dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Tak hanya mendapat pengetahuan saat mengikuti sesi webinar, para peserta juga turut menyebarkan informasi dan berperan sebagai agent of change pada dunia literasi khususnya produksi konten,” kata Mira, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (26/9/2020).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X