KILAS

Respon Peserta Didik Usai dapat Bantuan Kuota Internet dari Kemendikbud

Kompas.com - 29/09/2020, 09:00 WIB
Pengumuman pemenang Lomba Blog dan Vlog pada Webinar Generasi Berkarakter Hindari Narkoba,  Sabtu (26/9/2020). 
DOK. Humas Puspeka Pengumuman pemenang Lomba Blog dan Vlog pada Webinar Generasi Berkarakter Hindari Narkoba, Sabtu (26/9/2020).

KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) telah meresmikan kebijakan program Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020, pada Jumat (25/9/2020).

Program itu merupakan langkah pemerintah untuk mengoptimalkan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang sebagian dilakukan secara daring pada masa pandemi Covid-19.

Lewat program tersebut peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) akan mendapatkan bantuan alokasi paket data sebanyak 20 gigabyte (GB) per bulan. Lalu peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah 35 GB per bulan.

Sementara itu, pendidik pada PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapat 42 GB per bulan, serta untuk mahasiswa dan dosen 50 GB per bulan.

Menanggapi peresmian tersebut, sejumlah masyarakat pun menyambut hangat adanya “Bantuan Kuota Data Internet” ini.

Baca juga: Ketok Palu, DPR Setujui Alokasi Pagu Anggaran Kemendikbud Rp 81,35T

Salah satunya datang dari Naura Athaya Sharif, pemenang Lomba Blog dan Vlog bertema “Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19” yang digelar Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kemendikbud.

“Saya senang mendapat bantuan tersebut,” kata Siswi SMPN 14 Kota Malang ini.

Lebih lanjut, ia menjelaskan proses mendapatkan bantuan tersebut yang sudah dimulai sejak Agustus 2020.

Saat itu, pihak sekolah mendata nomor ponsel siswa atau orang tua yang aktif menggunakan internet untuk didaftarkan melalui aplikasi Google Form.

Setelah itu, sekolah melakukan verifikasi ulang untuk data yang telah dikumpulkan.

Baca juga: Penyaluran Bantuan Kuota Kemendikbud Masuk Tahap Dua, Ini Jadwalnya

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X